Cuma Satu Pintu Masuk, Ratusan Calon Penumpang di Bandara YIA Menumpuk

Diakui sempat terjadi kerumunan namun segera bisa diatasi

Kulon Progo, IDN Times - ‎Ratusan calon penumpang pesawat tampak menumpuk di pintu keberangkatan Yogyakarta International Airport (YIA), Kabupaten Kulon Progo.

Kerumunan calon penumpang tanpa physical distancing ini sempat diunggah ke media sosial dan menjadi viral.

Baca Juga: Terbang dari YIA ke Jakarta, Penumpang Wajib Bawa Surat Bebas Corona 

1. Calon penumpang berkerumun menunggu antrean pemeriksaan dokumen keberangkatan‎

Cuma Satu Pintu Masuk, Ratusan Calon Penumpang di Bandara YIA MenumpukPemeriksaan dokumen calon penumpang pesawat. IDN Times/ANTARA FOTO/HO

Salah seorang calon penumpang di Bandara YIA, Gopi Naidu mengatakan dirinya sengaja datang ke Bandara YIA untuk mencari informasi terkait rute penerbangan ke Malaysia. Namun saat tiba di Bandara YIA kondisinya sangat ramai dan calon penumpang berkerumun di pintu keberangkatan sampai luar. Calon penumpang berkerumun akibat antrean untuk pengecekan dokumen keberangkatan.

‎"Ya antrean panjang panjang sampai luar. Mungkin seribuan orang," katanya kepada wartawan, Senin (1/6).

2. Kerumunan terjadi karena pintu keberangkatan yang dibuka hanya satu

Cuma Satu Pintu Masuk, Ratusan Calon Penumpang di Bandara YIA MenumpukIlustrasi calon penumpang di bandara. IDN Times/Kemenpar

Antrean panjang dan berkerumun ini diduga kuat karena keterbatasan jalur masuk calon penumpang. Apalagi setiap penumpang harus menunjukkan dokumen kelengkapan penerbangan yang akan dicek oleh petugas.

Gopi berharap adanya penambahan pintu masuk keberangkatan dan juga penambahan personel untuk pemeriksaan dokumen agar lebih cepat. Apalagi banyak calon penumpang pesawat yang merupakan balita dan lansia serta ibu hamil.

"Petugas harus ditambah dan pintu masuk juga ditambah," ucapnya.

Calon penumpang lainnya, Faturohman mengatakan saat tiba di Bandara YIA kondisi antrean sudah sangat padat. Calon penumpang harus menunjukkan kelengkapan dokumen seperti KTP, tiket, surat bebas COVID-19, hingga surat tugas dan mengisi riwayat perjalanan.

"Semua dokumen dicek satu persatu oleh petugas," ucapnya.

3. Diakui sempat ada kerumunan calon penumpang akibat berbaurnya calon penumpang dan pengantar‎

Cuma Satu Pintu Masuk, Ratusan Calon Penumpang di Bandara YIA MenumpukGeneral Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta, Agus Pandu Purnama. IDNTimes/Holy Kartika

Sementara Plt General Manajer (GM) Bandara YIA, Agus Pandu Purnama mengakui sempat terjadi kerumunan di pintu masuk keberangkatan karena saat itu banyak pengantar yang berbaur dengan calon penumpang sehingga kerumunan tak terhindarkan. Namun kerumunan segera dapat ditangani oleh petugas sehingga physical distancing bisa dilakukan.

"Ya tadi ada kerumunan karena pengantar dan calon penumpang berbaur namun sudah bisa ditangani petugas," katanya.

Pandu menjelaskan, kerumunan hanya terjadi di pintu masuk keberangkatan namun di dalam bandara masih normal dan tertib. Apalagi bandara cukup luas sehingga sama sekali tidak ada kerumunan.

"Hari ini ada 17 penerbangan dan setiap penerbangan jeda waktu 1 jam," ucapnya.‎

Baca Juga: Empat Maskapai Kembali Buka Penerbangan lewat Bandara YIA

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya