Bupati Bantul Setujui Pengunduran Diri Lurah Mangunan

Senin pekan depan sudah ada keputusan bupati

Bantul, IDN Times - Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih, memastikan sudah mengabulkan usulan dari Badan Musyawarah Kalurahan (Bamuskal) Mangunan, Kapanewon Dlingo, terkait permintaan pengunduran diri Lurah Mangunan, JYN. Selain itu, sudah disiapkan Penjabat (Pj) Lurah Mangunan serta persetujuan digelarnya Pemilihan Antar Waktu (PAW) Lurah Mangunan.

"Sudah, saya kabulkan usulan dari Bamuskal Mangunan yang mengajukan permohonan persetujuan pengunduran diri Lurah Mangunan JYN dan persetujuan pengisian Pj Lurah Mangunan," kata Halim saat ditemui di kediaman pribadinya pada Jumat (26/3/2021).

Baca Juga: Mengaku Mundur Karena Ditekan, Nasib Lurah Mangunan Masih Gantung 

1. Pj Lurah Mangunan akan dipegang oleh Panewu Anom Kapanewon Dlingo

Bupati Bantul Setujui Pengunduran Diri Lurah MangunanSekda Bantul, Helmi Jamharis. IDN Times/Daruwaskita

Sekda Bantul, Helmi Jamharis, mengatakan proses administrasi pengunduran diri JYN sedang dilakukan. Sesuai dengan hasil musyawarah kalurahan, Suharno yang merupakan Panewu Anom, Kapanewon Dlingo, akan menjadi Pj Lurah Mangunan.

"Tentunya untuk proses PAW lurah nantinya akan ditentukan oleh Pj Lurah Mangunan setelah berkoordinasi dengan Bamuskal," ujarnya.

2. Keputusan Bupati secepatnya akan direalisasikan

Bupati Bantul Setujui Pengunduran Diri Lurah MangunanSurat pernyataan dari Jiyono yang akan mengundurkan diri sebagai Lurah Mangunan. IDN Times/Istimewa

Saat ini, kata Helmi, pihaknya sedang memproses pembuatan surat keputusan dan belum ditandatangani oleh Bupati Bantul. Hal tersebut karena Bamuskal pada awalnya mengusulkan orang lain sebagai Pj Lurah. Namun setelah musyawarah lanjutan, disepakati usulan Panewu Anom, Kapanewon Dlingo sebagai Pj Lurah Mangunan.

"Karenanya kita harus menyesuaikan dengan usulan yang terakhir sehingga pada minggu depan atau hari Senin sudah ada keputusan dari Bupati Bantul direalisasikan," ujarnya.

3. JYN sempat didemo warga karena diduga terlibat perselingkuhan

Bupati Bantul Setujui Pengunduran Diri Lurah MangunanAksi demo warga desak oknum Lurah mengundurkan diri karena selingkuh. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya diberitakan JYN tertangkap basah oleh istrinya sendiri sedang bersama dengan perempuan yang diduga sebagai selingkuhan JYN. Adanya dugaan perselingkuhan antara JYN dengan perempuan yang juga merupakan warga Kalurahan Mangunan menyebabkan warga menggelar aksi unjuk rasa dan mendesak Lurah Mangunan  JYN mundur.

Setelah terjadi aksi demo tersebut, muncul surat pengunduran diri JYN dari jabatan Lurah Mangunan tanpa mencantumkan alasan yang jelas. Namun, kemudian JYN juga mengirimkan surat ke Pemda Bantul, mengaku bahwa surat pengunduran diri tersebut dibuat dalam kondisi tertekan.

Baca Juga: Buka Suara, Ini Pengakuan Lurah Mangunan yang Dituduh Berselingkuh 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya