BMKG Prediksi Cuaca Panas akan Berlangsung Hingga 3 Hari ke Depan

Cuaca panas di Yogyakarta hingga 33 derajat celsius‎

Bantul, IDN Times - ‎Masyarakat Yogyakarta dapat sedikit bernapas lega, pasalnya cuaca panas di musim hujan akan segera berakhir dalam 3 hari ke depan. 

Kepala BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto mengatakan cuaca panas di musim hujan disebabkan adanya pola penyebaran angin sehingga menyebabkan Pulau Jawa, khususnya di atas Daerah Istimewa Yogyakarta menyebar dan kecil kemungkinan membentuk awan hujan.

"Ini yang menyebabkan cuaca menjadi cerah. Mengapa? karena intensitas radiasi sinar matahari langsung sampai bumi dipantulkan sehingga kita rasakan sangat panas dan kering," tuturnya usai rapat koordinasi kesiapan Pemkab Bantul menghadapi potensi bencana 2020, Selasa (21/1).

Baca Juga: Ramalan Cuaca BMKG Sering Meleset, Diledek Kalah dengan Pawang Hujan

1. Cuaca panas di Yogyakarta hingga 33 derajat celsius‎

BMKG Prediksi Cuaca Panas akan Berlangsung Hingga 3 Hari ke Depannj1015.com

Kondisi cuaca panas di Yogyakarta saat ini bisa mencapai 33 derajat celcius dan kelembapan udara mencapai 50 persen. Kondisi ini dikarenakan di bagian barat Pulau Jawa, terdapat tekanan udara yang tinggi. Sementara di selatan Australia ada tekanan rendah.

"Kondisi ini akan terjadi 3 hari ke depan karena angin bergerak dari tekanan tinggi ke rendah yang menyebabkan awan di Pulau Jawa menyebar dan tidak ada potensi awan hujan," ucapnya.

2. Cuaca ekstrem akan berlangsung pada akhir Januari

BMKG Prediksi Cuaca Panas akan Berlangsung Hingga 3 Hari ke DepanIlustrasi hujan lebat. pixabay.com/Kammy27

BMKG juga memprediksi akan terjadi cuaca ekstrem sehingga diharapkan masyarakat lebih mempersiapkan diri terhadap dari berbagai potensi bencana.

"Puncak hujan sendiri diprediksi akan terjadi pada akhir bulan Januari dan awal bulan Februari. Intensitas hujan sedang hingga lebat yang mencapai 100 milimeter,  lebih tinggi dari intensitas normal 28-31 milimeter," terangnya.‎

3. Anomali cuaca sebabkan sakit‎

BMKG Prediksi Cuaca Panas akan Berlangsung Hingga 3 Hari ke DepanPexels.com/Pixabay

Masyarakat tetap diminta untuk waspada dengan berbagai penyakit yang ditimbulkan akibat masa anomali cuaca ini.

"Banyak minum air putih, jika tidak banyak kegiatan sebaiknya berada di dalam rumah karena kondisi saat ini rentan sakit."

Baca Juga: Ikan Bawal Laut Sulit Ditangkap, Harga Meroket Hingga Rp300 Ribu/kg  

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya