Besok Selasa, 45 Anggota DPRD Kabupaten Bantul  Bakal Dilantik

Hanung Raharjo akan menjadi ketua sementara DPRD Bantul

Bantul, IDN Times – Sebanyak 45 anggota DPRD terpilih Kabupaten Bantul untuk periode 2019-2024 bakal dilantik di ruang sidang paripurna DPRD Bantul pada Selasa (13/4) besok.

Berbeda dengan pelantikan sebelumnya yang dilaksanakan di Pendopo Parasamya Pemkab Bantul, aturan baru mengharuskan pelantikan anggota legislatif dilaksanakan di gedung DPRD.

1. Pelantikan akan dihadiri oleh 225 tamu undangan

Besok Selasa, 45 Anggota DPRD Kabupaten Bantul  Bakal DilantikIDN Times/Daruwaskita

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Bantul Praptanugraha mengatakan pelantikan akan dipimpin oleh Kepala Pengadilan Bantul dan dihadiri oleh pejabat dari Pemda DI Yogyakarta. Namun Gubernur DIY yang turut diundang dipastikan tidak hadir.

"Undangan yang kita berikan sebanyak 225 undangan namun jika dengan pejabat Pemkab Bantul dan ASN di Setwan Bantul, totalnya mencapai 575 orang," katanya di gedung DPRD Bantul, Senin (12/8).

Baca Juga: KPU DIY Akhirnya Tetapkan Perolehan Kursi dan Anggota DPRD Terpilih

2. Ruang sidang paripurna tak mampu menampung semua undangan

Besok Selasa, 45 Anggota DPRD Kabupaten Bantul  Bakal DilantikIDN Times/Daruwaskita

Dengan 575 undangan, lanjut Nugraha, ruangan sidang yang tidak terlalu besar tidak bisa menampung seluruh undangan. Sebagian undangan akan ditempatkan di lobi DPRD Bantul.

"Khusus media nantinya kita beri ruangan di sisi utara ruang sidang paripurna namun mungkin tak bisa memuat semua media yang hadir. Jadi silakan diatur sebaik mungkin," pintanya.

3. Anggota DPRD terlantik baru terima gaji awal bulan September 2019 mendatang

Besok Selasa, 45 Anggota DPRD Kabupaten Bantul  Bakal DilantikIDN Times / Auriga Agustina

Nugraha mengatakan anggota DPRD Bantul periode 2019-2024 belum akan menerima gaji. Gaji baru akan diberikan pada awal bulan September 2019 yang akan datang.

"Saya tidak hafal betul uang yang akan diterima anggota DPRD terlantik namun besarannya masih sama dengan besaran uang yang diterima anggota DPRD periode 2014-2019," katanya.

4. Hanung Raharjo akan menjadi ketua sementara

Besok Selasa, 45 Anggota DPRD Kabupaten Bantul  Bakal DilantikIDN Times/Istimewa

Lebih jauh, Nugraha mengatakan, untuk jabatan ketua dan wakil ketua sementara anggota DPRD maka partai pemenang pertama dan kedua yaitu PDI Perjuangan dan Gerindra yang akan mengusulkan nama.

"Kalau dari PDI Perjuangan saya sendiri (Hanung Raharjo) yang diutus menjadi ketua sementara DPRD Bantul," kata Hanung Raharjo ketika dikonfirmasi IDN Times.

Baca Juga: Dari 45 Caleg Terpilih, Hanya 4 Perempuan yang Lolos ke DPRD Bantul

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You