Comscore Tracker

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin Dibutuhkan

Lulusan siap kerja di ground handling masih minim

Bantul, IDN Times - ‎Maraknya pembangunan infrastruktur terutama bandara baru di Indonesia harus dibarengi dengan penyiapan sumber daya manusia yang terampil dan kompeten. Salah satu kebutuhan tenaga kerja atau SDM yang cukup banyak setiap beroperasinya bandara baru adalah tenaga ground handling

Ground handling meliputi pelayanan penumpang dan bagasi serta penanganan dan pos. Layanan mencakup kegiatan termasuk proses check in, pelayanan bagasi hingga mengarahkan penumpang masuk pesawat untuk terbang. Intinya, semua pelayanan untuk perjalanan udara yang dilakukan di darat.

1. Bandara baru dibuka, pekerja ground handling semakin dibutuhkan

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin DibutuhkanANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Vice President PT Gapura Angkasa, Rach Mulyadi mengatakan maraknya pembangunan infrastruktur terutama bandara menjadi dipastikan berdampak pada banyaknya permintaan pekerja yang terampil dan kompeten dalam bidang ground handling.

"Ya tentunya tenaga kerja bagian ground handling yang nantinya akan paling banyak diminta oleh bandara baru yang akan segera beroperasi," ungkapnya disela-sela penandatangan kerja sama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta dan PT Gapura Angkasa di STTKD Yogyakarta, Kamis (16/5).

2. Gapura Learning Center punya tutor-tutor berpengalaman dalam ground handling‎

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin DibutuhkanIDN Times/Daruwaskita

PT Gapura Angkasa yang beroperasi di 50 bandara besar di Indonesia dan memiliki 11 Gapura Learning Center dan didukung dengan tutor-tutor yang berpengalaman bisa menjadi tempat bagi taruna dan taruni STTKD Yogyakarta untuk melaksanakan On Job Training (OJT) sehingga teori yang didapat di kampus bisa dipraktikkan di lapangan.

"Setiap tahunnya ada 400 hingga 500 lulusan yang nantinya sebelum lulus bisa melakukan On Job Training di 11 Gapura Learning Center yang kita miliki," ucapnya.

Baca Juga: Bandara Baru, Produk UMKM Didorong Tempati Lokasi Promosi Strategis 

3. Punya kesempatan lebih besar untuk bekerja di PT Gapura Angkasa‎

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin DibutuhkanIDN Times/Daruwaskita

Jika hasilnya cukup bagus, peserta OJT di Gapura Learning Center bisa disalurkan menjadi salah satu pegawai dari PT Gapura Angkasa yang bisa ditempatkan di berbagai bandara yang dilayani oleh perusahaan tersebut.

"Jadi kita juga tidak kesulitan untuk mendapatkan calon pegawai yang memiliki SDM sangat baik serta kompeten dan bisa langsung diterjunkan di lapangan karena sudah memiliki dasar-dasar ground handling yang didapat di kampus," tuturnya.

4. Perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan siap kerja di ground handling‎ masih minim

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin DibutuhkanIDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, Rach Mulyadi mengatakan tak banyak perguruan tinggi di Indonesia yang menghasilkan calon tenaga kerja di bidang ground handling. STTKD Yogyakarta menjadi salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyiapkan calon pegawai khusus di bidang itu.

"Lapangan pekerjaan terbuka luas dengan semakin banyak bandara yang dibangun. Di sisi lain, tak banyak perguruan tinggi yang menghasilkan calon pegawai di bidang ground handling langsung siap kerja," terangnya.

5. Kesulitan mendapatkan lembaga yang memiliki On Job Training ground handling‎

Bandara Baru Dibangun, Tenaga Ground Handling Semakin DibutuhkanIDN Times/Daruwaskita

Sekretaris Perguruan Tinggi STTKD Yogyakarta Wasfan Wahyu Widodo mengatakan setiap tahunnya lebih 400 taruna dan taruni yang diluluskan dari STTK. Sebelum lulus para taruna dan taruni ini perlu melaksanakan On Job Training.

"PT Gapura Angkasa yang memiliki Gapura Learning Center akan memudahkan para taruna dan taruni untuk melaksanakan OJT di PT Gapura Angkasa," ungkapnya.

Lebih jauh, Wasfan mengatakan dengan melakukan OJT di Gapura Learning Center maka ada kesempatan luas bagi lulusan STTKD untuk bekerja di PT Gapura Angkasa yang merupakan salah satu perusahaan terbesar di Indonesia yang bergerak di ground handling.

"PT Gapura Angkasa diuntungkan dengan lebih mudah mendapatkan calon pegawai yang kompeten di bidang ground handling dan bagi lulusan STTKD Yogyakarta juga diuntungkan karena akan punya kesempatan lebih besar bekerja di ground handling,"ucapnya.‎

Baca Juga: Hari Ini, Bandara YIA Resmi Beroperasi untuk Penerbangan Komersial

Topic:

  • Paulus Risang

JADWAL SALAT & IMSAK

20
MEI
2019
15 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 20 May 2019 16:15:03

Progress: 744.018 dari 813.350 TPS (91.47575%)

Just For You