Comscore Tracker

Balita PDP yang Dirawat Di RSUD Bantul Negatif COVID-19

Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 menjadi 2 orang

Bantul, IDN Times - ‎Balita usia kurang dari 1 bulan yang merupakan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Panembahan Senopati Bantul dinyatakan negatif COVID-19. Pasien tersebut diperbolehkan pulang oleh pihak rumah sakit.

1. Dua kali hasil tes swab dinyatakan negatif COVID-19

Balita PDP yang Dirawat Di RSUD Bantul Negatif COVID-19IDN Times/Candra Irawan

Kepala Humas RSUD Panembahan Senopati Bantul, Siti Rahayu Ningsih mengatakan pasien balita masuk ke RSUD Panembahan Senopati Bantul pada 26 Maret 2020 dengan status PDP COVID-19.

Pada tanggal 27 dan 30 Maret diambil swab dan dikirim ke BBLTKPP Yogyakarta dan hasil pemeriksaan laboratorium dinyatakan negatif COVID-19.

"Hasil pemeriksaan laboratorium keluar pada tanggal 7 Maret dan diumumkan pada tanggal 8 Maret 2020," ucapnya, Kamis (9/4).

Baca Juga: Rapid Test Terbatas, ‎Dinkes Bantul Lakukan Pengadaan 1.000 Unit

2. Pasien saat ini sudah dibawa pulang oleh keluarga‎

Balita PDP yang Dirawat Di RSUD Bantul Negatif COVID-19Ilustrasi balita. Pexels/kelvin octa

Setelah dipastikan 2 kali hasil swab dinyatakan negatif, maka pasien sudah diperbolehkan untuk pulang. Selama dirawat di RSUD Panembahan Senopati, balita di tempatkan di ruang PICU.

"Untuk kondisi orang tua semuanya sehat," katanya.

3. Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Bantul sebanyak 2 orang‎

Balita PDP yang Dirawat Di RSUD Bantul Negatif COVID-19Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Infeksi COVID-19, dr Sri Wahyu Joko Santosa (tengah). IDN Times/Daruwaskita

Sementara itu,  Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan pasien positif COVID-19 yang meninggal di RS PKU Bantul yang merupakan pindahan pasien dari RSKP Respira hasil swabnya sudah keluar dan dinyatakan negatif.

"Dua kali swab semuanya dinyatakan negatif, namun pasien meninggal lebih dahulu dibandingkan hasil swab keluar sehingga pasien dinyatakan bukan pasien positif COVID-19. Pasien sudah sembuh namun meninggal dunia," ujarnya.

Dengan dinyatakan sembuh dari COVID-19 maka jumlah pasien positif COVID yang meninggal dunia sebanyak 1 orang dan pasien yang sembuh dari COVID-19 bertambah 1 orang sehingga totalnya 2 orang.

"Pasien pertama dari Bantul yang sembuh dari COVID-19 adalah Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Bapak Zuhandi dan kedua adalah pasien yang dirawat di RS PKU Bantul namun meninggal dunia terlebih dahulu sebelum hasil swab keluar," katanya.‎

Baca Juga: Erna Suharsono: Pemkab Bantul Harus Beli Masker Kain dari Penjahit

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya