Aturan Ganjil Genap di Hutan Pinus, Puluhan Kendaraan Putar Balik  

Aturan ganjil dan genap dilakukan hingga besok Minggu

Bantul, IDN Times - ‎Puluhan kendaraan bermotor hari ini Sabtu (18/9/2021) terpaksa putar balik, meninggalkan kawasan tempat wisata Hutan Pinus Sari, Mangunan.

Hal ini disebabkan adanya aturan genap dan ganjil bagi kendaraan wisatawan yang mulai diberlakukan Jumat (17/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021). Aturan tersebut diberlakukan untuk meminimalkan kerumunan di uji coba tempat wisata.  

 

 

1. Paling banyak kendaraan bermotor yang diputar balik balik adalah kendaraan bermotor roda dua‎

Aturan Ganjil Genap di Hutan Pinus, Puluhan Kendaraan Putar Balik  Kepala Dinas Perhubungan Bantul. Aris Suhariyanta. IDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Perhubungan Bantul, Aris Suharyanta mengatakan puluhan kendaraan bermotor milik wisatawan yang diputar balik dianggap tidak sesuai dengan aturan ganjil genap.

"Ya memang paling banyak kendaraan bermotor roda dua yang kita putar balik,"ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (18/9/2021) petang.

Petugas memulangkan sebanyak empat kendaraan roda enam, 14 unit roda empat, dan 26 buah motor.

Baca Juga: Awal Uji Coba Wisata Hutan Pinus, Susah Sinyal hingga Sepi Pengunjung 

2. Jumat (17/9/2021) kendaraan bermotor wisatawan tak ada yang diputar balik‎

Aturan Ganjil Genap di Hutan Pinus, Puluhan Kendaraan Putar Balik  Petugas memutarbalikkan kendaraan bermotor wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata di Gunungkidul(doc.Sar Satlinmas Wilayah I Gunungkidul))

Aris mengingatkan uji coba pemberlakuan ganjil genap untuk kendaraan bermotor wisatawan akan berlangsung hingga Minggu (19/9/2021) besuk.

"Petugas gabungan tetap akan melakukan penyekatan kendaraan bermotor milik wisatawan yang kebetulan untuk Minggu (19/9/2021) adalah nomor kendaraan bermotor ganjil," ucapnya.

3. Hutan Pinus Sari dikunjungi 2.866 wisatawan‎

Aturan Ganjil Genap di Hutan Pinus, Puluhan Kendaraan Putar Balik  Ketua Koperasi Notowo, Purwo Harsono.(IDN Times/Daruwaskita)

Sementara Ketua Koperasi Natawono yang mengelola sejumlah objek wisata di Dlingo termasuk Pinus Sari, Purwo Harsono mengatakan selama uji coba pembukaan Pinus Sari sejak Senin (13/9/2021) hingga hari ini, total jumlah pengunjung mencapai‎ 2.866 orang.

"Paling banyak kunjungan wisatawan ke Pinus Sari pada hari ini, Sabtu (18/9/2021) sebanyak 1.356 orang dan paling sedikit pada Senin (13/9/2021) sebanyak 115 wisatawan," katanya.

Pria yang akrab disapa Ipung ini mengaku di luar libur akhir pekan, kunjungan wisatawan di kawasan Dlingo terbilang sepi. Namun akan ramai saat memasuki hari Sabtu dan Minggu. 

"Ya kalau hari biasa sepi wisatawan yang ramai saat libur akhir pekan saja," ujarnya.

Diakuinya Ipung kendala sinyal internet , telah disiasati oleh pengelola dengan menyediakan fasilitas WIFI gratis di lokasi pintu masuk Pinus Sari, sehingga wisatawan tak lagi kesulitan untuk melakukan scan barcode PeduliLindungi.

"Kalau informasinya Diskominfo Bantul akan memasang penguat sinyal sampai sekarang belum ada. Yang jelas kita sudah memperkuat sinyal WIFI," ungkapnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya