Asyik, Mahasiswa UMY Bakal Punya Coworking Space Sendiri!

Pembangunan Cafe 1912 UMY sudah mencapai 80 persen‎

Bantul, IDN Times - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) bakal bisa menikmati kafe berkonsep coworking space. Pembangunan Cafe 1912 UMY sudah mencapai 80 persen dan direncanakan akan dibuka pada 1 Februari 2020 mendatang.

Baca Juga: UMY Bakal Terapkan Sistem Kuliah Dari Rumah

1. Sebagai upaya kembangkan "kampus tanpa dinding"‎

Asyik, Mahasiswa UMY Bakal Punya Coworking Space Sendiri!Pembangunan Cafe 1912 UMY telah mencapai 80 persen. IDN Times/Daruwaskita

Rektor UMY, Gunawan Budiyanto mengatakan saat ini gaya mahasiswa dalam belajar sangat jauh berbeda dibandingkan beberapa tahun yang lalu dengan mengandalkan datang ke kampus, mendengarkan dosen mengejar kemudian mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen.

"Saat ini mahasiswa ini membutuhkan suasana yang lebih santai disesuaikan dengan kemajuan zaman. UMY mengembangkan 'kampus tanpa dinding' yang artinya kapan pun mahasiswa akan kuliah, mencari buku, memeriksakan pekerjaan kepada dosennya dapat dikerjakan di Cafe 1912 UMY," katanya, Senin (30/12).

2. Bakal dilengkapi dengan ruangan yang nyaman dan akses internet cepat‎

Asyik, Mahasiswa UMY Bakal Punya Coworking Space Sendiri!Rektor UMY, Gunawan Budiyanto. IDN Times/Daruwaskita

Cafe 1912 UMY ini didesain 3 lantai dengan ruangan yang nyaman dan internet cepat. Pengunjung dapat langsung melihat pemandangan di luar kafe karena hanya dibatasi kaca. Kafe ini rencananya akan beroperasi dari pagi sampai malam hari.

"Kafe ini tidak saja untuk merampungkan tugas kuliah secara pribadi namun juga bisa untuk kerja kelompok atau mengerjakan tugas kelompok layaknya coworking space," terang Gunawan.

3. Hanya diperuntukkan bagi civitas akademika UMY

Asyik, Mahasiswa UMY Bakal Punya Coworking Space Sendiri!Ilustrasi civitas akademika UMY. IDN Times/Daruwaskita

Lebih jauh, Gunawan mengatakan meski Cafe 1912 UMY didesain layaknya coworking space, namun sejauh ini kafe tersebut baru akan diperuntukkan khusus bagi civitas akademika UMY. Pihaknya belum berencana membukanya untuk umum.

"Ya kita [buka] khususnya untuk civitas akademika UMY. Namun jika teman jurnalis mau kerjakan tugas juga boleh. Ini khusus untuk teman-teman jurnalis," katanya sambil tersenyum.

‎Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: UMY Jadi PTS Pertama di Indonesia yang Terapkan Kampus Sehat

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya