ASN Kulon Progo Gotong Royong Bantu Warga Terdampak Kekeringan

Ada 450 jiwa di Desa Sidomulyo yang terdampak kekeringan‎

Kulon Progo, IDN Times - Sebanyak 107 tangki air bersih hasil donasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Kulon Progo disalurkan kepada warga yang mengalami bencana kekeringan di Kabupaten paling barat di DI Yogyakarta ini.

1. Pemkab telah distribusikan 770 tangki air bersih‎

ASN Kulon Progo Gotong Royong Bantu Warga Terdampak KekeringanIDN Times/Muhamad Iqbal

Sekda Kabupaten Kulon Progo, Astungkoro mengatakan bantuan air bersih yang telah disalurkan selama musim kemarau telah mencapai 770 tangki. Masih ada 301 tangki yang masih tersedia dan siap dikirim ke warga yang membutuhkan.

"Jadi selain ada donasi dari ASN, bantuan juga berasal dari BUMD, lembada dan swadaya masyarakat yang berempati," ungkapnya di sela-sela penyaluran air bersih kepada warga di Kemaras, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, Kamis (10/10).

Baca Juga: 3 Kecamatan di Gunungkidul Mulai Kehabisan Anggaran Dropping Air 

2. Dropping air bersih hanyalah solusi jangka pendek‎

ASN Kulon Progo Gotong Royong Bantu Warga Terdampak KekeringanIDN Times/Fariz Fardianto

Dropping air bersih kepada warga terdampak kekeringan di saat musim kemarau panjang sudah rutin dilakukan Pemda setiap tahunnya. Bahkan, pihaknya mendorong dibuatnya penyediaan air minum dan sanitasi masyarakat (Pamsinmas) dengan membuat sumur bor dan tempat tandon air. Sebab, hal itu justru sangat efektif menanggulangi kebutuhan air bersih saat musim kemarau panjang.

"Dropping air bersih hanya solusi jangka pendek. Harus ada solusi jangka panjangnya," katanya.

3. Hampir separuh wilayah Desa Sidomulyo terdampak kekeringan‎

ASN Kulon Progo Gotong Royong Bantu Warga Terdampak KekeringanIDN Times/Dhana Kencana

Kepala Desa Sidomulyo, Kabul mengatakan hampir separuh wilayahnya yakni 13 dusun terdampak bencana kekeringan, warga terpaksa mencari sumber air bersih dari sungai yang masih ada aliran airnya.

"Ada sekitar 450 warga yang saat ini betul-betul kesulitan air bersih dan akan semakin bertambah mana kala hujan tak segera turun," katanya.‎

Baca Juga: Kekeringan, Warga Gunungkidul Ambil Rembesan Air dari Pohon Beringin

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya