Arus Sungai Opak Deras, Pairin Diduga Tenggelam saat Mandi  

Hingga siang ini keberadaan korban belum ditemukan

Bantul, IDN Times - ‎Seorang kakek warga Dusun Kembangsongo, Desa Trimulyo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, diduga tenggelam saat mandi di Sungai Opak yang berada tak jauh dari rumah korban.

Pairin, yang berusia 66 tahun, memang mempunyai kebiasaan mandi di Sungai Opak dilanjutkan mencari kayu.

Baca Juga: Hujan Deras di Sleman, Sebabkan Dua  Mobil Hanyut

1. Keluarga korban hanya menemukan sandal dan sarung milik korban di tepi sungai‎

Arus Sungai Opak Deras, Pairin Diduga Tenggelam saat Mandi  Proses pencarian korban tenggelam di sungai Opak. IDN Times/Daruwaskita

Indikasi korban tenggelam dan hilang di sungai yang melintas di Dusun Kembangsongo ini, berawal ketika keluarga mencari keberadaan korban yang sehari-hari mencari kayu di sekitar sungai hanya menemukan sandal dan sarung di tepi sungai.

"Keluarga korban selanjutnya memberitahu Kepala Dusun, dan akhirnya dilaporkan ke tim sar," kata Arif Nugraha, Koordinator Sarlinmas Wilayah III, Kabupaten Bantul, Rabu (4/3).

2. Keadaan arus sungai saat kejadian sangat deras

Arus Sungai Opak Deras, Pairin Diduga Tenggelam saat Mandi  Pencarian korban tenggelam di sungai Opak. IDN Times/Daruwaskita

Arif menjelaskan, korban mempunyai sekitar pukul 06.00 WIB mandi di sungai Opak,  kemudian mencari kayu bakar. Dilanjutkan sekitar pukul 07.00 WIB kembali ke rumah. 

"Jadi kondisi arus sungai Opak memang sedang deras, karena semalam terjadi hujan yang lebat di sebagian wilayah Bantul hingga Sleman. Diduga korban hanyut dan hilang," ujarnya.

Dalam proses pencarian oleh tim SAR gabungan di lokasi yang biasa digunakan korban untuk mandi, kondisi arus cukup deras. "Kalau melihat kondisi arus yang deras, kita menduga jika korban hilang dan tenggelam sudah terbawa arus sungai cukup jauh," ungkapnya.

3. Pencarian korban tenggelam di sungai Opak jadi tontonan warga‎

Arus Sungai Opak Deras, Pairin Diduga Tenggelam saat Mandi  Proses pencarian korban tenggelam di sungai Opak jadi tontonan warga. IDN Times/Daruwaskita

Dari pantauan di lokasi sejumlah, sejumlah petugas SAR melakukan pencarian di dasar sungai dengan menggunakan peralatan tali dan tongkat untuk mendeteksi benda yang ada di dasar sungai.

Proses pencarian korban sendiri juga menjadi tontonan warga yang melihat dari jembatan. Banyaknya sepeda motor yang terpakir di sepanjang jembatan, justru menyebabkan jalan di sekitar lokasi pencarian tersendat. 

Baca Juga: Sultan HB X Terbitkan Instruksi Gubernur Terkait Virus Corona

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya