Angkringan di Rutan, Agenda Rutan Kelas II B Bantul Selama Ramadan 

Program ini untuk mempererat jalinan komunikasi 

Bantul, IDN Times - Ada yang istimewa di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Bantul. Di bulan Ramadan kali ini, warga binaan mendapatkan angkringan yang tersedia sejak Selasa (13/4/2021) sore.

Angkringan dengan nama Pojok Angkring Extrafooding (PAE), untuk mempererat jalinan komunikasi dengan warga binaan pemasyarakatan (WPB).

Baca Juga: Takziah Marak Jadi Klaster COVID-19, Pemkab Sleman Terbitkan Aturan 

1. Angkringan berlangsung selama Ramadan

Angkringan di Rutan, Agenda Rutan Kelas II B Bantul Selama Ramadan Kepala Rutan Kelas IIB Bantul Enjat Lukmanul Hakim. IDN Times/Istimewa

Kepala Rutan Kelas IIB Bantul, Enjat Lukmanul Hakim mengatakan Pojok Angkring berlangsung selama bulan Ramadan 1442 H. Hal ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.379.PK.01.06.07 Tahun 2021 tentang Pemberian Makanan Tambahan atau Extrafooding bagi Tahanan, Anak dan Narapidana di Bulan Ramadan. 

"Tak hanya untuk mempererat jalinan komunikasi dengan warga binaan, namun juga untuk makanan tambahan dan disediakan untuk makanan berbuka," katanya pada Rabu (14/4/2021).

2. Program ini untuk menunjukkan warga binaan terpenuhi kebutuhan gizinya

Angkringan di Rutan, Agenda Rutan Kelas II B Bantul Selama Ramadan Program makanan tambahan untuk warga binaan pemasyarakatan selama bulan Ramadan di Rutan Kelas IIB Bantul. IDN Times/Istimewa

Karutan juga menyampaikan angkringan tak hanya untuk memenuhi kebutuhan gizi warga binaan sebesar 200 kalori. Hal ini juga bertujuan agar keluarga yang tak bisa bertemu tidak merasa risau. 

"Transparansi pemenuhan hak warga binaan perlu diketahui oleh keluarga sehingga keluarganya tak perlu risau, karena keterbatasan tidak boleh menengok di saat pandemik," ujarnya.

3. Angkringan untuk menjaga hubungan baik

Angkringan di Rutan, Agenda Rutan Kelas II B Bantul Selama Ramadan Ilustrasi Ramadhan (IDN Times/Sukma Shakti)

Dengan terjalinnya hubungan baik melalui angkringan Ramadan ini, Karutan berharap warga binaan dapat melaksanakan puasa sebaik-baiknya. 

"Ramadan merupakan bulan untuk meminta segala ampunan atas perbuatan dosa-dosa yang telah dilakukan dan pada puncaknya saat Idulfitri. Kita akan saling memaafkan dan kembali fitri," tuturnya.

 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya