Comscore Tracker

Alissa Wahid: Habibie Telah Menjadi Contoh Negarawan Sejati

Pemikirannya jadi inspirasi bagi generasi mendatang‎

Bantul, IDN Times - Putri sulung Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Alissa Wahid, mengaku sangat sedih atas berpulangnya Presiden RI ke-3 BJ Habibie. Menurutnya, Habibie adalah contoh negarawan sejati yang dimiliki bangsa Indonesia.

1. Terakhir bertemu HJ Habibie usai pemilu 1 Mei 2019‎

Alissa Wahid: Habibie Telah Menjadi Contoh Negarawan SejatiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Alissa Wahid mengaku terakhir kali bertemu dengan almarhum BJ Habibie setelah Pemilihan Presiden pada 1 Mei 2019. Pada saat itu, kondisinya sedang bergejolak dengan maraknya berbagai demo.

"Kala itu saya mengantarkan para sesepuh bangsa atas nama gerakan Suluh Kebangsaan. Beliau yang kita sowani (datangi) pertama kali karena kami semua melihat beliau adalah presiden yang punya kearifan dan beliau adalah presiden saat Indonesia dalam masa transisi, masa yang seberat-beratnya. Saat Orde Baru jatuh beliau yang menggantikannya," katanya usai acara Launching Pusaka Sakinah Gerakan Moderasi Agama Berbasis Keluarga dan Kampung Zakat Wakaf di Pemkab Bantul, Kamis (12/9).‎

Baca Juga: Selamat Jalan Pak Habibie...

2. Habibie telah menjadi contoh negarawan sejati

Alissa Wahid: Habibie Telah Menjadi Contoh Negarawan SejatiIDN Times/Daruwaskita

Alissa mengungkapkan, ketika sowan ke Habibie, banyak sekali kearifan yang ia sampaikan. Alissa pun mengucapkan terima kasih karena Habibie telah menjadi contoh negarawan sejati pada saat menjadi presiden maupun masa setelahnya.

"Semoga beliau khusnul khotimah, diampuni segala dosa-dosanya dan semoga bangsa Indonesia tetap bisa menghidupkan pemikiran-pemikiran beliau untuk inspirasi kita di masa yang akan datang," tuturnya.‎

3. BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun

Alissa Wahid: Habibie Telah Menjadi Contoh Negarawan SejatiIDN Times/Rahmat Arief

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9) petang. Habibie meninggal pukul 18.03 WIB, seperti diungkapkan Thareq Kemal Habibie dalam konferensi pers, pada Rabu kemarin.

Habibie tutup usia pada 83 tahun. Jenazahnya sedianya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis siang (12/9). Prosesi pemakaman akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: Foto-foto Kenangan BJ Habibie, Insan Kebanggaan Indonesia

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You