Acara Menerbangkan Layang-Layang Bikin Macet JJLS Pantai Samas

Penonton sempat dibubarkan polisi 

Bantul, IDN Times - ‎Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di Kabupaten Bantul sempat macet pada Sabtu malam (22/8/2020). Jalan lintas Jawa yang melewati Pantai Samas Kabupaten Bantul itu macet karena membeludaknya masyarakat yang ingin melihat atraksi layang-layang yang diterbangkan dengan dilengkapi lampu warna-warni dan mengeluarkan suara nyaring.

Berdasarkan pantauan di JJLS Jawa Pantai Samas tepatnya dari pertigaan di sisi timur Jembatan Samas hingga JJLS di Dusun Karang, Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek dipenuhi kendaraan pribadi dan sepeda motor. Sayangnya protokol kesehatan yang harusnya tetap diterapkan sama sekali tak diindahkan. Penonton saling berdekatan bahkan tidak memakai masker.

1. Sejak pukul 18.00 WIB penonton layang-layang mulai padati JJLS

Acara Menerbangkan Layang-Layang Bikin Macet JJLS Pantai SamasKemacetan di JJLS Jawa Pantai Samas.IDN Times/Daruwaskita

Murtijo, warga Dusun Soge, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, mengatakan warga dan wisatawan mulai memadati JJLS Jawa sejak pukul 18.00 WIB dan semakin ramai saat malam hari.

"Kemacetanpun tak bisa dihindari karena banyak mobil yang berhenti di tepi jalan untuk menonton layang-layang diterbangkan," katanya.

Banyaknya warga yang menyaksikan atraksi layang-layang diduga terkait batalnya penyalaan lampion di Pantai Parangkusumo. Acara penyalaan lampion batal karena tidak mendapatkan izin.

"Ya mungkin karena acara penyalaan lampion batal akhirnya beralih ke JLLS untuk melihat layang-layang," katanya.

Baca Juga: Gedung Kejagung Terbakar, Mahfud MD Curiga Adanya Sabotase

2. Penonton layang-layang sempat dibubarkan polisi di awal pandemik COVID-19‎

Acara Menerbangkan Layang-Layang Bikin Macet JJLS Pantai SamasKemacetan di JJLS Jawa Pantai Samas.IDN Times/Daruwaskita

Pada awal masa pandemi COVID-19 kegiatan menerbangkan layang-layang yang sempat menarik perhatian masyarakat sempat dibubarkan polisi. Namun kali ini kondisinya berbeda meski terjadi kemacetan dan banyak warga tak mengindahkan protokol kesehatan.

"Polisi hanya terlihat patroli, itupun saat kemacetan mulai terurai sekitar pukul 21.30 WIB," katanya.

3. Warga cari jalan tikus agar bisa lepas dari kemacetan

Acara Menerbangkan Layang-Layang Bikin Macet JJLS Pantai SamasLayang-layang dengan lampu warna-warni terbang di kawasan JJLS Pantai Samas. IDN Times/Daruwaskita

Salah satu penonton, Purwanto mengaku datang bersama teman-temannya. Hanya, Purwanto mengaku terkejut karena JJLS sudah macet.

"Lha biasanya kan tidak seramai seperti malam ini," ungkapnya.

Purwanto mengaku terjebak kemacetan dan memilih jalan tikus untuk keluar dari JJLS .

"Kebetulan saya agak hapal jalan tikus dan memilih meninggalkan JJLS Jawa Pantai Samas karena sudah tidak nyaman menonton layang-layang," ujarnya.‎

Baca Juga: Viral, Tradisi Tilik Naik Truk Warga Dlingo Diangkat Film       

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya