8 Pencopet yang Beraksi dalam Konser di Lapangan Trirenggo Diamankan

Para pelaku beraksi memanfaatkan kerumunan penonton

Bantul, IDN Times - Acara konser musik Road to Kilau Raya yang dipadati ribuan warga di lapangan Trirenggo, Kabupaten Bantul pada Sabtu malam (27/7) dimanfaatkan para pencopet untuk menggasak dompet hingga gawai milik penonton.

Tak tanggung-tanggung, ada 40 penonton yang mengaku kehilangan dompet yang berisi uang dan dokumen penting hingga gawai. Mereka melaporkan kejadian pencopetan tersebut ke Polsek Bantul.

Laporan tersebut direspon cepat oleh petugas. Polisi pun berhasil mengamankan 8 orang terduga pelaku.

1. Polisi tangkap 8 pelaku pencopetan‎

8 Pencopet yang Beraksi dalam Konser di Lapangan Trirenggo DiamankanIDN Times/Istimewa

Laporan pencurian yang diterima langsung ditindaklanjuti dengan penyelidikan oleh anggota saat konser musik dangdut masih berlangsung. Hasilnya, 8 terduga pelaku pencopetan berhasil diamankan oleh petugas dan digelandang ke Mapolsek Bantul.

"Jadi pelaku itu memanfaatkan waktu saat penonton berdesakan kemudian melancarkan aksinya dengan mencopet dompet atau gawai milik penonton," ujar Kapolsek Bantul, Kompol Munawar Syam, Senin (29/7).

"Pelaku kita tangkap mulai pukul 20.00 WIB hingga pukul 20.30 WIB," katanya lagi.

Baca Juga: Tampilkan Beragam Produk Unggulan, Bantul Ekspo 2019 Resmi Dibuka 

2. Pelaku adalah komplotan dari Jawa Timur‎

8 Pencopet yang Beraksi dalam Konser di Lapangan Trirenggo DiamankanIDN Times/Istimewa

Kedelapan pelaku pencopetan yang ditangkap mengaku berasal dari Jawa Timur. Mereka adalah Mahfud (36) warga Madura, Moch Amin (22) warga Surabaya, Irpanudin (31) warga Malang, dan Beni Pranata (29) warga Surabaya. Sedangkan 4 pelaku lainnya lagi yakni Cahyo Adi Sucipto (33) asal Surabaya, Rahmad Ramadoni (26) asal Surabaya, Aldino Syahputra asal Surabaya, dan Sutris (26) warga Malang.

"Kita juga mengamankan barang bukti berupa 4 gawai, 1 dompet yang berisi uang tunai Rp 162 ribu, 1 buah tas selempang milik penonton, serta 1 mobil yang digunakan oleh para pelaku," ungkapnya.‎

3. Berharap polisi ungkap tuntas pelaku pencopetan saat konser dangdut MNCTV Road Show digelar‎

8 Pencopet yang Beraksi dalam Konser di Lapangan Trirenggo DiamankanIDN Times/Istimewa

Eksekutif Produser MNC TV, Michael Sitorus mengatakan Road to Kilau Raya merupakan konser musik dangdut berskala besar menyambut perayaan HUT MNC TV yang ke-26 yang puncaknya akan digelar pada 20 Oktober 2019 yang akan datang.

"Tujuan semata-mata ingin memberikan hiburan kepada masyarakat Bantul dan masyarakat Indonesia pada umumnya," ungkapnya saat dihubungi wartawan via telepon, Senin (29/7).

Adanya kejadian pencopetan yang menimpa para penonton tentunya membuat prihatin karena untuk pengamanan acara juga sudah melibatkan aparat kepolisian.

"Tentunya polisi akan memproses pelaku dan akan mengungkap pelaku tindak kejahatan pencopetan tersebut," ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Bantul Cabut IMB Tempat Ibadah PGdI Sedayu

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya