Comscore Tracker

Seru Bak Pemilu, 68 SMA di Bantul Gelar Pemilihan Osis Serentak

Pemilih pemula belajar menggunakan hak pilihnya

Bantul, IDN Times - Sebanyak 68 sekolah tingkat SMU negeri dan swasta di Kabupaten Bantul, serempak menggelar pemilihan ketua Osis atau Pemilos yang berlangsung di setiap sekolah masing-masing, Selasa (10/9).

1. Pemilos memberikan pelajaran tentang demokrasi‎

Seru Bak Pemilu, 68 SMA di Bantul Gelar Pemilihan Osis SerentakIDN Times/Daruwaskita

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Bantul, Fatoni mengatakan Pemilos kali ini bertujuan memberikan pelajaran tentang demokrasi sekaligus pengalaman bagi para siswa sebagai pemilih pemula.

"Pemilos sudah dimulai sejak tahun 2011, dan kali ini diharapkan bisa mendidik siswa atau pemilih pemula menggunakan hak pilih dengan aktif dan secara bersih bebas dari money politic" ungkapnya.

Baca Juga: Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia Tolak Revisi UU KPK

2. Tak akan canggung ketika menggunakan haknya saat pemilu atau pilkada‎

Seru Bak Pemilu, 68 SMA di Bantul Gelar Pemilihan Osis SerentakIDN Times/Daruwaskita

Pemilos yang berlangsung tahun 2019 juga momentum yang tepat karena pada tahun 2020 mendatang Kabupaten Bantul akan menggelar Pilkada sehingga nantinya siswa yang telah mencapai usia 17 tahun lancar menggunakan hak pilihnya.

"Pemilos ini sangat mirip dengan pelaksanaan Pilkada atau pemilu sehingga ketika sudah waktunya dan berhak mendapatkan hak pilih tak canggung lagi datang ke TPS masing-masing," ujarnya.

3. Mendidik pemilih pemula menjadi pemilih yang cerdas‎

Seru Bak Pemilu, 68 SMA di Bantul Gelar Pemilihan Osis SerentakIDN Times/Daruwaskita

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Bantul, Arif Widayanto mengatakan Pemilos yang digelar serentak sebagai ajang pendidikan dan pelatihan bagi pemilih pemula di pilkada mendatang. Dari pemilih pemula ditargetkan naik sebanyak 10 persen.

"Pemilos hampir sama dengan pemilu atau pilkada. Pemilih pemula butuh sosialisasi agar nantinya menjadi pemilih yang cerdas dan tentunya tidak golput," katanya.‎

Baca Juga: Organisasi Bantuan Hukum Harus Berpihak kepada Masyarakat Miskin

Topic:

  • Febriana Sintasari
  • Yogie Fadila

Just For You