6 Pelajar Digulung Ombak di Pantai Ngandong Gunungkidul

Para korban berhasil selamat meski kondisi lemas

Gunungkidul, IDN Times - ‎Asyik mandi di Pantai Ngandong, Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, enam wisatawan yang semuanya masih berstatus pelajar terseret gelombang hingga ke tengah laut. Beruntung, dengan kesigapan Tim SAR keenamnya dapat diselamatkan meski kondisi para korban mengalami lemah setelah banyak menelan air laut.

1. Keenam korban merupakan pelajar dari Yogyakarta

6 Pelajar Digulung Ombak di Pantai Ngandong GunungkidulIlustrasi Tenggelam (unsplash.com/Tim Marshall)

‎Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Gunungkidul, Surisdiyanto, mengatakan keenam korban yakni Yuda (17), warga Kota Yogyakarta, Aszra Bintang (16) warga Kabupaten Sleman, Naoval Satria warga Kabupaten Bantul, Riki Dani (16) warga Sleman, Cinus (15) warga Kota Yogyakarta, dan Rizal (15), warga Kota Yogyakarta. Kejadian bermula ketika mereka bermain air di alur kapal pantai di Pantai Ngandong.

"Keenam korban semuanya masih pelajar dari Yogyakarta," katanya, Minggu (23/10/2022).

Baca Juga: Potensi Ombak Tinggi, Nelayan Gunungkidul Diharuskan Pantau BMKG   

2. Korban dievakuasi dalam kondisi lemas akibat banyak minum air laut‎

6 Pelajar Digulung Ombak di Pantai Ngandong GunungkidulIlustrasi evakuasi korban laka laut. (Dok. Sarsatlimas Wilayah II Gunungkidul)

Menurut Surisdiyanto, keenam korban terlalu ke tengah sehingga tergulung gelombang dan terbawa arus ke tengah laut. Petugas SAR Satlinmas yang mengetahui kejadian tersebut langsung memberikan pertolongan dengan berenang dan menggunakan dua kapal jukung.

"Setelah terevakuasi korban kemudian dibawa menepi untuk diberikan pertolongan karena korban mengalami lemas setelah banyak menelan air laut," ucapnya.

3. Patuhi himbauan dari petugas SAR

6 Pelajar Digulung Ombak di Pantai Ngandong GunungkidulGelombang pasang di pantai selatan. (IDN Times/Daruwaskita)

Lebih lanjut, Surisdiyanto meminta wisatawan agar tidak berenang di laut dan juga mematuhi imbauan dari petugas SAR yang ada. Dengan begitu, hal tidak diinginkan tidak perlu terjadi.

"Beruntung dalam kejadian ini, seluruh korban dapat dievakuasi dan semuanya selamat," tuturnya.‎

Baca Juga: Hasil Autopsi Keluar, Penyebab Kematian Korban KDRT Terkuak

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya