57 Nakes Terpapar COVID-19, Bantul Pastikan Puskesmas Tetap Buka 

Nakes yang positif kebanyakan kasus konfirmasi atau OTG 

Bantul, IDN Times - ‎Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Agus Budi Raharja mengatakan lonjakan kasus konfirmasi positif yang cukup tinggi dalam dua pekan terakhir di bulan Juni justru dialami tenaga kesehatan atau nakes yang bekerja di layanan kesehatan pertama yakni puskesmas.

"Total nakes yang konfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Bantul mencapai 57 nakes. Dari jumlah tersebut ada nakes yang dinyatakan sembuh namun juga masih ada nakes yang menjalani isolasi. Kebanyakan nakes yang positif COVID-19 adalah orang tanpa gelaja atau OTG," kata Agus Budi Raharja ketika dihubungi melalui sambungan telepon, Minggu (2/8/2020).

1. Belum diketahui dari mana nakes terpapar COVID-19

57 Nakes Terpapar COVID-19, Bantul Pastikan Puskesmas Tetap Buka Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharja. IDN Times/Daruwaskita

Gus Bud panggilan akrab Agus Budi Raharja belum dapat memastikan nakes yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini terpapar dari pasien, salah dalam prosedur melepas APD atau terpapar dengan teman satu kantornya. Karena belum diketahui secara pasti penularan COVID-19 kepadayang dilami nakes maka dinas kesehatan Bantul akan melakukan evaluasi terkait protokol dekontaminasi yang ada.

"Kita tidak tahu para nakes ini terpapar COVID-19 dari mana memang butuh evaluasi dalam pelaksanaan protokol dekontaminasi," ucapnya.

Meski banyak nakes terkonfirmasi positif COVID-19, namun pelayanan kesehatan kepada di tingkat puskesmas masih tetap dilayani.

"Kita memastikan bahwa nakes dalam memberikan pelayanan kesehatan steril dari paparan COVID-19," ungkapnya.

Baca Juga: Pasien COVID-19 Naik, DPRD DIY: Pemda Harus Siapkan Shelter Khusus OTG

2. Rumah sakit lapangan hanya menyisakan tiga tempat tidur untuk pasien COVID-19

57 Nakes Terpapar COVID-19, Bantul Pastikan Puskesmas Tetap Buka Salah satu rambu di Kampung Lalu Lintas Steril COVID-19. Achmad Ali for IDN Times

Dihubungi terpisah, Direktur Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Tarsisius Glori menyatakan saat ini rumah sakit lapangan hanya menyikan tiga tempat tidur dan sisanya sudah penuh dengan pasien positif COVID-19 yang rata-rata merupakan OTG.

"Jadi saat ini sudah ada 46 pasien positif COVID-19 yang dirawat di rumah sakit lapangan," ucapnya.

3. Di Bantul jumlah pasien terkonfirmasi naik selama dua hari berturut-turut

57 Nakes Terpapar COVID-19, Bantul Pastikan Puskesmas Tetap Buka Rumah Sakit Lapangan Khusus COVID-19 Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Di Bantul dalam kurun waktu dua hari pada hari Jumat, 31/7/2020 terjadi lonjakan konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 22 kasus. Disusul data pada Sabtu, 1/8/2020 kembali terjadi lonjakan sebanyak 19 kasus. 

Sebelumnya pada tanggal 23/7/2020 terjadi juga lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 23 kasus dan pada tanggal 24/7/2020 juga terjadi lonjakan kasus konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 17 kasus di Kabupaten Bantul.

Baca Juga: Jumlah Kasus Positif COVID-19 dari Klaster Koperasi di Sleman Jadi 34

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya