Comscore Tracker

5 Ribu Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis 

Pemkab Bantul mengaku tak lakukan promosi obyek wisata  

Bantul, IDN Times - ‎Angka kunjungan wisatawan di objek wisata Pantai Parangtritis merangkak naik di hari libur Lebaran. Saat hari pertama Lebaran sebanyak 3.100 wisatawan datang ke pantai, sedangkan hari kedua terdapat 5.260 wisatawan.  

"Yang jelas pada hari H Lebaran ( Kamis 13/5/2021) jumlah pengunjung mencapai 3.100 wisatawan. Hari ke dua libur Lebaran dalam setengah hari saja pengunjung sudah mencapai 5.260 pengunjung," ujar Koordinator Tempat Retribusi Pantai (TPR) Pantai Parangtritis Rahmat Ridwanto, Jumat (14/5/2021).

 

 

1. Pantai Parangtritis dikunjungi lebih dari 5 ribu wisatawan‎

5 Ribu Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis TPR Pantai Parangtritis Kabupaten Bantul. IDN Times/Daruwaskita

Rahmat Ridwanto mengatakan jumlah kunjungan wisatawan saat libur Lebaran tahun ini tidak dapat dibandingkan dengan dua tahun tahun saat sebelum pandemik terjadi. Saat lebaran 2019, jumlah wisatawan yang datang ke Parangtritis dalam satu hari mencapai 20 ribu pengunjung. 

Baca Juga: Dalam Waktu 13 Hari, 91 Orang di Jogja Meninggal Gegara COVID-19 

2. Wisatawan didominasi dari Yogyakarta dan Jawa Tengah

5 Ribu Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis Ilustrasi. Pengendara melintas di pos penyekatan larangan mudik yang tidak dijaga petugas di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (7/5/2021) (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Saat masa larangan mudik Lebaran, diakui Ridwanto pengunjung yang berasal dari wilayah perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah mendominasi kunjungan. Hal ini terlihat dari mobil pribadi dan sepeda motor milik wisatawan yang didominasi nomor polisi (nopol) lokal. 

"Untuk mobil pribadi dengan nopol DKI Jakarta, Jawa Timur dan Jawa Barat masih sangat sedikit," ungkapnya.

Ridwanto memprediksi jumlah kunjungan ini akan terus meningkat hingga Sabtu (15/5/2021) dan Minggu (16/5/2021). 

"Saya memperkirakan pada Sabtu besok diperkirakan jumlah wisatawan di atas 10 ribu. Hari Minggu menurun tetapi tetap ramai," ungkapnya.

3. Pemkab Bantul tak lakukan promosi kunjungan ke tempat wisata

5 Ribu Wisatawan Serbu Pantai Parangtritis Ilustrasi cuci tangan. IDN Times/ Bramanta Pamungkas

Sekda Kabupaten Bantul, Helmi Jamharis mengatakan pada masa libur Lebaran pihaknya tidak melakukan promosi objek wisata dan tidak mengajak wisatawan untuk datang ke Bantul selama libur Lebaran. Namun objek wisata di Bantul dipastikan dilengkapi dengan sarana penunjang protokol kesehatan.

"Pada prinsipnya kami tidak menutup objek wisata namun juga tidak melakukan. Kita menyiapkan sarana dan prasarana dan memaksimalkan petugas untuk melakukan pengawasan prokes," ujarnya.‎

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya