496 Personel Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran di Gunungkidul

Polres Gunungkidul petakan daerah rawan kecelakaan dan macet

Gunungkidul, IDN Times - ‎Sebanyak 496 personel gabungan dari Polres Gunungkidul, TNI, SAR dan petugas dari instansi di Pemkab Gunungkidul, akan diterjunkan untuk pengamanan arus mudik dan balik Lebaran 2022 yang akan datang.‎‎‎

Selain itu juga akan didirikan lima pos pengamanan dan dua pos pelayanan Lebaran. Pos pengamanan akan didirikan di Hargodumilah, Siyono, Terminal Dhaksinaga, Pantai Baron dan Pantai Indrayanti. Sementara untuk pos pelayanan akan didirikan di Pasar Argosari dan Semin.

Baca Juga: Jelang Mudik, Dishub Gunungkidul Ram Check Armada Angkutan

1. Ratusan petugas akan diterjunkan di titik-titik vital‎

496 Personel Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran di GunungkidulKasi Humas Polres Gunungkidul, Iptu Suryanto. (IDN Times/Daruwaskita)

Kasi Humas Polres Gunungkidul, AKP Suryanto mengatakan hasil rapat koordinasi lintas sektor untuk pengamanan Lebaran di Taman Budaya, Gunungkidul pada Rabu (20/4/2022) menyebutkan total personel yang diterjunkan untuk pengamanan Lebaran mencapai 496 orang terdiri dari anggota Polres Gunungkidul 306 personil, TNI 42 personil, SAR 50 orang dan 92 orang dari instansi Pemkab Gunungkidul.

"Kita juga melibatkan personel dari PLN sebanyak enam orang yang ikut dalam pengamanan Lebaran," katanya, Kamis (21/4/2022).

Ratusan personel gabungan yang diterjunkan ini diterjunkan pada titik vital di pos pengamanan dan pos pelayanan. Setiap pos yang dibangun memiliki cakupan area masing-masing untuk dilakukan pemantauan, pengamanan hingga mengurai kemacetan arus lalu lintas pada saat arus mudik maupun balik.

2. Siapkan tim pengganjal ban di Pos Pengamanan Hargodumilah‎

496 Personel Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran di GunungkidulJawon atau Jalan Wonosari (instagram.com/phim_lovers)

Suryanto menjelaskan untuk penanganan disesuaikan dengan kondisi geografis dan anatomi kerawanan. Misalnya di Pos Hargodumilah terdapat tanjakan dan turunan serta tikungan tajam, pandangan tertutup hingga banyak kendaraan berat yang melintas.

Maka akan ditindaklanjuti dari potensi tersebut dengan menyiapkan pemasangan traffic cone, pemasangan banner keselamatan serta menyiapkan tim ganjal ban guna membantu kendaraan yang tak kuat menanjak.

"Setiap pos punya kerawanan yang berbeda-beda sehingga penanganannya juga beda. Disesuaikan dengan karakter wilayahnya," ucapnya.

3. Daerah rawan kecelakaan dan kemacetan di Gunungkidul

496 Personel Siap Amankan Arus Mudik Balik Lebaran di GunungkidulIlustrasi kemacetan lalu lintas. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Martinus Griyavinto Sakti, menjelaskan pihaknya sudah melakukan pemetaan jalur untuk persiapan arus mudik balik Lebaran.

Hasil identifikasi jalur rawan kecelakaan berada di ruas jalan Patung-Gadung, Wonosari-Semanu, Karangmojo-Semin, Gading-Paliyan. Sedangkan untuk daerah rawan macet saat libur Lebaran di ruas Patuk-Sambipitu serta jalur menuju objek wisata pantai khususnya jalur ke Pantai Baron sampai Pantai Indrayanti.

"Kita sudah antisipasi dengan pemasangan rambu pengarah, peringatan, petunjuk juga dilengkapi," ucapnya.‎

Baca Juga: Ramadan, Dinkes Gunungkidul Buka Gerai Vaksin Booster di Masjid

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya