4 Kapanewon di Gunungkidul Kekeringan, 40 Tangki Air Disalurkan 

Warga Gunungkidul diminta bijak menggunakan air bersih

Gunungkidul, IDN Times - ‎Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul mulai mendistribusikan bantuan air bersih. ke beberapa daerah yang sudah terkena bencana kekeringan.

1. Penyaluran air bersih telah berlangsung sejak akhir bulan Juli 2022‎

4 Kapanewon di Gunungkidul Kekeringan, 40 Tangki Air Disalurkan Penyaluran air bersih.(IDN Times/Daruwaskita)

Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono menjelaskan proses bantu atau droping air bersih mulai dilaksanakan sejak akhir bulan Juli. Hingga kini masih terus berlangsung.

"Hampir selama satu bulan terakhir ini setidaknya kita telah menyalurkan 40 tangki air bersih kepada warga yang terdampak kekeringan," katanya, Rabu (24/8/2022).

2. Sudah 4 kapanewon yang mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD‎

4 Kapanewon di Gunungkidul Kekeringan, 40 Tangki Air Disalurkan Ilustrasi warga terima bantuan air bersih.(IDN Times/Imron)

Dropping air bersih yang dilakukan oleh BPBD setidaknya telah menyentuh empat kapanewon di antaranya Rongkop, Panggang, Purwosari, dan hari ini Kapanewon Saptosari.

"Yang terbaru penyaluran air bersih pada hari ini menyasar Kapanewon Saptosari," ucapnya.

Menurutnya untuk mendapatkan penyaluran air bersih, harus ada permohonan dari warga yang diketahui oleh pemerintah setempat.

"BPBD akan melakukan survei, ketika hasil dinyatakan layak maka BPBD akan menyalurkan air bersih. Dropping air diutamakan kepada daerah-daerah yang belum terjangkau layanan pipa PDAM," terangnya.

Baca Juga: Pantai Ngetun Gunungkidul: Lokasi, Rute, Harga Tiket dan Tips Wisata

3. Masyarakat diminta bijak gunakan air bersih saat musim kemarau‎

4 Kapanewon di Gunungkidul Kekeringan, 40 Tangki Air Disalurkan Air bersih yang muncul diduga dari sumber sungai bawah tanah. IDN Times/Daruwaskita

Purwono meminta  kepada warga yang mendapatkan bisa memanfaatkan air bersih seoptimal mungkin. "Masyarakat harus bijak memanfaatkan air bersih. Apalagi air bersih merupakan bantuan dari BPBD," tuturnya.

Baca Juga: Gunungkidul Dipromosikan Jadi Tempat Tujuan Wisata Internasional   

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya