Comscore Tracker

30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke Gunungkidul

Puncak kedatangan diprediksi terjadi akhir bulan  

Gunungkidul, IDN Times - ‎Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul memperkirakan jumlah perantau yang akan mudik ke kampung halaman di Bumi Handayani diperkirakan mencapai 30 ribu orang. Puncak kedatangan para perantau diperkirakan terjadi pada tanggal 29-30 April 2022.

 

 

1. Jumlah pemudik naik 30 persen dibanding tahun 2019

30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke GunungkidulIlustrasi mudik. (IDN Times/Imam Rosidin)

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto mengatakan jumlah pemudik Lebaran tahun ini diperkirakan meningkat hingga 30 persen dibandingkan sebelum masa pandemik.

"Kurang lebih ada 30 ribu perantau dari Gunungkidul yang mudik tahun ini. Jumlah ini meningkat 30 persen dibandingkan tahun 2019 silam," ujarnya, Selasa (26/4/2022).

2. Puncak kedatangan pemudik terjadi akhir bulan

30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke GunungkidulIlustrasi mudik (IDN Times/Doni Hermawan)

Meski diprediksi terjadi peningkatan hingga 30 persen, hingga saat ini belum terlihat lonjakan kedatangan para perantau di Gunungkidul.

"Kita memperkirakan akhir bulan April akan terjadi peningkatan bahkan puncak kedatangan arus mudiknya. Hari ini Rabu (26/4/2022), bus AKAP maupun mobil pribadi dari luar kota belum banyak yang masuk ke daerah Gunungkidul," tambahnya lagi.

Baca Juga: Sri Sultan Pastikan Alun-alun Utara Tidak Digunakan untuk Salat Id

3. Dinas Perhubungan Guunungkidul memastikan lampu penerangan jalan umum (LPJU) dalam kondisi menyala terutama di daerah rawan kecelaka

30 Ribu Perantau Diperkirakan Bakal Pulang Kampung ke GunungkidulIlustrasi panel surya lampu penerangan jalan umum. Foto istimewa

Sambut pemudik, Dinas Perhubungan Guunungkidul memastikan lampu penerangan jalan umum (LPJU) dalam kondisi menyala terutama di daerah rawan kecelakaan.

"Kita juga memasang sejumlah rambu-rambu pada daerah yang rawan seperti jalan Patuk dan jalan menuju pantai selatan Gunungkidul," terangnya.

Selain itu Dinas Perhubungan Gunungkidul juga akan menerjunkan 86 personel selama libur Lebaran. Sebanyak 30 personel berada di sekretariat dan pengujian kendaraan bermotor, serta 56 personel ditempatkan di posko pengamanan Lebaran seperti di Patuk, Siyono, Baron dan Terminal Dhaksinaga dan Terminal Semin.

"Semua personel sudah siap dengan ketugasan masing-masing dan bergabung dengan tim dari Polres, TNI serta relawan," ucapnya.‎

Baca Juga: 5 Kuliner Kekinian di Pasar Kranggan Jogja, Buka Sampai Malam

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya