3 Titik Jalur Mudik di Bantul Rawan Longsor dan Kebakaran

Petugas Dishub Bantul pasang rambu-rambu rawan bencana‎

Bantul, IDN Times - Jalur mudik tak hanya rawan dengan adanya kemacetan maupun kecelakaan. Di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta terdapat pula jalur yang rawan longsor dan kebakaran. Setidaknya, ada 3 titik yang rawan longsor dan kebakaran.

1. Jalan Imogiri-Mangunan salah satu jalur yang rawan longsor dan kebakaran‎

3 Titik Jalur Mudik di Bantul Rawan Longsor dan KebakaranIDN Times/Daruwaskita

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta mengatakan jalur mudik yang rawan longsor adalah jalan Imogiri-Mangunan (Dlingo) namun demikian para pengguna jalan tidak perlu khawatir mengingat jalan tersebut hingga saat masih aman untuk dilalui.

"Kita telah berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Bantul untuk antisipasi jalan yang rawan longsor dan kebakaran," ujarnya, Selasa (28/5).

2. Dishub Bantul akan pasang rambu-rambu rawan bencana‎

3 Titik Jalur Mudik di Bantul Rawan Longsor dan KebakaranIDN Times/Daruwaskita

Menurut Aris, Dinas Perhubungan akan memasang rambu-rambu pada daerah yang rawan longsor dan kebakaran sehingga pengguna jalan akan lebih waspada saat melalui jalan tersebut.

"Karena saat ini musim kemarau pengguna jalan dimohon tidak membuang puntung rokok secara sembarangan yang bisa mengakibatkan kebakaran," tuturnya.

Baca Juga: Hore, Perempatan Kentungan Dibuka Selama Musim Mudik 2019

3. Jalan yang rawan longsor karena berada di kawasan perbukitan‎

3 Titik Jalur Mudik di Bantul Rawan Longsor dan KebakaranIDN Times/Daruwaskita

Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul, Dwi Daryanto membenarkan adanya jalan yang rawan longsor dan kebakaran bahkan tidak hanya di Mangunan namun juga jalan Cinomati dan jalan Piyungan menuju Patuk, Gunungkidul.

"Dibilang rawan longsor karena jalan tersebut berada di kawasan perbukitan. Kalau rawan kebakaran karena kebiasaan masyarakat membakar sampah tidak menunggui sampai api padam," ucapnya.

4. BPDB berkoordinasi dengan FPRD Desa setempat untuk turut mengawasi‎

3 Titik Jalur Mudik di Bantul Rawan Longsor dan KebakaranIDN Times/Daruwaskita

Atas potensi longsor dan kebakaran tersebut, Dwi mengatakan BPBD Bantul sudah berkoordinasi dengan Forum Pengurangan Risiko Bencana Desa setempat untuk membantu mengawasi pada 3 jalan yang rawan kebakaran dan longsor tersebut.

"Jadi tak perlu khawatir bagi pemudik atau wisatawan yang melewati ke 3 jalan tersebut," terangnya.‎

Baca Juga: Polda DIY Himbau Pemudik dan Wisatawan Tak Tergantung Peta Digital 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya