3 Hari PPKM Darurat, 17 Pesta Pernikahan di Kulon Progo Dibubarkan

Puluhan warung makan masih melayani makan di lokasi 

Kulon Progo, IDN Times - Sedikitnya 17 pesta pernikahan yang digelar warga Kulon Progo selama PPKM Darurat dibubarkan oleh Satgas COVID-19. Pembubaran dilakukan karena hajatan pernikahan dinilai melanggar aturan PPKM Darurat. 

"Tercatat selama tiga hari pelaksanaan PPKM Darurat ada 17 hajatan pernikahan yang kita bubarkan yang tersebar di 12 kapanewon," kata Kepala Satpol PP, Pemkab Kulon Progo, Sumiran, Senin (5/7/2021).

1. Tamu hajatan melebihi aturan

3 Hari PPKM Darurat, 17 Pesta Pernikahan di Kulon Progo DibubarkanIlustrasi hajatan pernikahan dibubarkan oleh Satgas COVID-19. (IDN Times/Istimewa)

Menurut Sumiran,  pembubaran dilakukan antara lain jumlah tamu yang hadir lebih dari 30 orang dan tata cara makan. 

"Setelah tamu 30 keluar baru tamu lainnya boleh masuk. Selain itu tidak boleh ada makanan yang prasmanan serta hiburan," ungkapnya.

Setelah dibubarkan, tim Satgas memberikan edukasi dan sosialisasi tentang aturan di saat PPKM Darurat. 

Baca Juga: Relawan Diduga Tarik Biaya Pemakaman COVID-19, FPRB Bantul Buka Suara 

2. Puluhan rumah makan kedapatan memberikan layanan makan di lokasi

3 Hari PPKM Darurat, 17 Pesta Pernikahan di Kulon Progo DibubarkanProtokol kesehatan di sebuah restoran di Tangsel (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal)

Tak hanya hajatan yang dibubarkan, puluhan restoran juga masih melayani makan di tempat. Bahkan melanggar batas jam operasional yakni pukul 20.00 WIB.

"Total ada 25 rumah makan yang masih melayani makan di tempat. Hari ini saja ada tujuh rumah makan. Kami juga memasang stiker yang berisi tidak melayani makan di tempat dan hanya boleh take away," terang Sumiran.‎

Hari Minggu (4/7/2021) Satgas COVID-19 juga melakukan pembubaran permainan layang-layang di JJLS wilayah Kapanewon Galur yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menularkan COVID-19.

"Yang menaikkan layang-layang dan yang menonton kita bubarkan," jelasnya.

3. Masyarakat diminta tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak

3 Hari PPKM Darurat, 17 Pesta Pernikahan di Kulon Progo DibubarkanInfografis PPKM Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021. (IDN Times/Aditya Pratama)

Saat masa, masyarakat diharapkan berada di rumah. Jika tidak ada keperluan yang mendesak, sebaiknya tidak meninggal kediaman.

"Angka kasus harian COVID-19 terus meningkat, banyak nakes yang terpapar COVID-19. Jika masyarakat tidak taat PPKM Darurat nantinya jika terpapar COVID-19 siapa yang akan merawat," terangnya.‎

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya