3 Efek Setelah Vaksinasi, Selalu Merasa Lapar  

Belum ditemukan KIPI serius di Bantul

Bantul, IDN Times -Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI dirasakan sejumlah warga yang ikut program vaksinasi di Kabupaten Bantul. Mereka berasal dari tenaga kesehatan (nakes) dan pelayan publik yang telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19. KIPI yang dialami penerima vaksin masih dalam taraf ringan.

 

1. KIPI ringan banyak dialami penerima vaksin tetapi tidak dicatat

3 Efek Setelah Vaksinasi, Selalu Merasa Lapar  Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa.IDN Times/Daruwaskita

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul, dr. Sri Wahyu Joko Santosa mengatakan banyak kejadian KIPI yang dialami oleh penerima vaksin COVID-19. Namun KIPI yang dialami masih dalam kategori ringan sehingga tidak perlu dicatat secara khusus.

"Kalau jumlahnya banyak, namun tidak dicatat karena KIPI dalam kategori ringan dan karena tidak serius," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Sabtu (6/4/2021).

Gejala yang biasa terjadi beberapa penerima vaksin akan merasa pegal di bagian lengan, serta sedikit pusing.  

Baca Juga: Pascavaksinasi Massal di Malioboro: Kesemutan, Pusing, hingga Mual

2. Ada penerima vaksin yang merasa lapar berlebihan hingga makan beberapa kali

3 Efek Setelah Vaksinasi, Selalu Merasa Lapar  UNYCommunity.com

Menurutnya KIPI kategori tidak serius tersebut di antaranya penerima suntikan vaksin mengalami lapar, ngantuk, sempoyongan, mual, gatal di sekitar suntikan setelah beberapa saat disuntik vaksin COVID-19.

"Bahkan ada kasus KIPI, setelah disuntik mengalami lapar padahal sebelum disuntik vaksin sudah makan. Bahkan dalam kurun waktu beberapa jam kemudian bisa makan tiga kali karena selalu merasa lapar," katanya.

Namun demikian kata Okki sapaan akrab dr. Sri Joko Nugroho ini, setelah delapan jam dari waktu mendapatkan suntikan tidak lagi merasakan lapar yang berlebihan atau efek KIPI sudah hilang.

"Ya kalau masih lapar lagi itu bukan efek KIPI, itu memang kebiasaan makannya banyak," ujarnya sambil tersenyum.

Sedangkan untuk KIPI dalam kategori serius bisa kejang-kejang, pingsan dan melempuh pada bagian yang disuntik. Namun kasus tersebut sampai saat ini belum ditemukan selama pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Bantul.

"Ya semoga tidak ada yang sampai efeknya kejang-kejang, pingsan, syok dan melepuh," ujarnya.

3. Merasakan ngantuk usai beberapa jam disuntik vaksin

3 Efek Setelah Vaksinasi, Selalu Merasa Lapar  Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo menerima suntikan vaksin covid-19 perdana. IDN Times/Daruwaskita

Sementara Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo yang mendapatkan suntikan perdana COVID-19 mengaku beberapa jam usai menerima suntikan vaksin COVID-19 merasa ngantuk. Hanung menambahkan satu jam pasca disuntik vaksin sama sekali tidak merasakan efek apapun.

"Beberapa jam usai di suntik justru ngantuk. Padahal sekitar satu jam usai disuntik tak ada efek apapun. Disuntik vaksin juga tidak terasa sakit meski jarum suntiknya masuknya cukup dalam," ungkap Politikus PDI Perjuangan ini.
 

Baca Juga: ASN, TNI dan Polri Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi Tahap II di Sleman

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya