2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu Pekan

Diduga kematian penyu tersangkut jaring kendengan nelayan

Bantul, IDN Times - Sebanyak 2 penyu ditemukan mati di kawasan Pantai Samas Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, dalam kuran waktu 1 pekan.

Dua hewan laut yang dilindungi ini ditemukan sudah dalam kondisi mati di pesisir pantai. Bahkan penyu yang berukuran panjang di atas 1 menter dan diameter lebih dari 60 centimeter itu sudah mengeluarkan bau busuk. 

Baca Juga: Benahi Pantai Samas, Dinas Pariwisata Bantul Gelontorkan Rp4,5 Miliar

1. Penyu mati diduga kuat tersangkut jaring kendengan milik nelayan‎

2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu PekanIDN Times/Daruwaskita

Ketua Forum Konservasi Penyu Bantul (FKPB), Rujito mengatakan saat bulan Juni hingga bulan Agustus merupakan waktu penyu betina ke pantai untuk bertelur. Kemungkinan penyu itu terkena jaring kendengan nelayan ketika ingin mencapai tepian pantai.

Namun, kata Rujito, bisa saja penyu sengaja menepi ke pantai untuk mencari makanan, tetapi malah tersangkut jaring nelayan dan akhirnya mati.

"Banyak penyebab penyu mati dan tidak hanya karena tersangkut jaring kendengan milik nelayan saja,"ungkapnya ditemui di Pantai Samas, Selasa (18/6).

2. Kesalahan melepaskan penyu dari jaring yang diduga membuat penyu akhirnya mati

2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu PekanIDN Times/Istimewa

Biasanya penyu yang terjerat jaring kendengan dalam kondisi masih hidup saat nelayan mengangkat jaring kendengan. Namun karena proses melepaskan penyu asal-asalan sehingga membuat penyu mati.

"Saya tidak menyalahkan nelayan karena mereka tidak sengaja menemukan hewan yang dilindungi itu ikut tersangku di jaring kendengan," ungkapnya.

3. Belum ditemukan kasus penyu mati akibat memakan plastik‎

2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu PekanIDN Times/Daruwaskita

Mbah Duwur panggilan akrab Rujito mengatakan pada penyu yang ditemukan mati pada tanggal 12 Juni sudah diautopsi oleh dokter hewan dari BKSDA Yogyakarta. Hasilnya tidak ditemukan adanya benda seperti plastik atau lainnya yang menyebabkan penyu tersebut mati.

"Belum ada kasus penyu mati akibat makan plastik namun saya juga khawatir karena sampah plastik sangat banyak di laut. Setiap nelayan turun banyak dapatkan sampah plastik,"ungkapnya.

Baca Juga: Indonesia Peringkat 2 Penyumbang Sampah Laut Terbanyak!

4. BKSDA Diminta beri sosialisasi ke nelayan soal penanganan penyu yang tersangkut jaring kendengan‎

2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu PekanIDN Times/Daruwaskita

‎Mbah Duwur menyatakan jika matinya penyu akibat jaring kendengan, BKSDA diharapkan memberikan sosialisasi kepada nelayan soal penanganan penyu jika tersangkut jaring kendangan.

"Saya tidak setuju nelayan disalahkan, karena saya juga nelayan. Saya minta ada sosialisasi bagaimana baiknya. Itu saja," pinta mbah Duwur.

5. BKSDA selidiki penyebab kematian penyu di Pantai Samas‎

2 Penyu Mati Mengenaskan di Pantai Samas dalam Satu PekanIDN Times/Istimewa

Petugas BKSDA Yogyakarta, Amah,  mengatakan sejauh ini belum ada kasus kematian penyu akibat memakan plastik di laut. Yang ditemukan BKSDA kemungkinan penyu mati karena saat bertelur tidak nyaman, sehingga belum semua telur keluar dan menyebabkan kematian.

"Sedangkan seekor penyu yang kita temukan mati pada tanggal 12 Juni 2019 adalah seekor penyu pejantan. Penyebab kematian masih dalam penelitian," ucapnya.

Baca Juga: Rujito, Pelestari Penyu dari Pantai Samas

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya