1,2 Juta Bibit Ikan Nilem dan Tawes Dilepas di Waduk Sermo

Ikan red devil jadi ancaman populasi ikan lain

Kulon Progo, IDN Times - Agar tidak terjadi kepunahan ikan nilem dan tawes di Waduk Sermo, Kabupaten Kulon Progo, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan melepas tak kurang 1,2 juta bibit ikan nilem dan tawes.

Kepala BKIPM Kementerian Keluatan dan Perikanan Rina mengatakan pelepasan bibit ikan (restocking) ini karena ikan yang berada di Waduk Sermo menjadi mata pencaharian masyarakat di sekitar Waduk Sermo yang jumlahnya mencapai lebih dari 1000 orang. Padahal, di Waduk Sermo sendiri saat ini terdapat ikan red devil yang merupakan ikan predator invasif.

"Dalam setiap penangkapan ikan di Waduk Sermo hampir 80 persen ikan yang tertangkap jenis red devil yang harga jualnya Rp5 ribu per kilogram, sedangkan ikan nilem dan tawes harganya bisa Rp18 ribu per kilogramnya," katanya, Senin (24/6).

1. Bibit yang dilepas dibiarkan 3 bulan untuk tumbuh sebelum ditangkap‎

1,2 Juta Bibit Ikan Nilem dan Tawes Dilepas di Waduk SermoIDN Times/Daruwaskita

‎Karena ikan yang dilepas masih dalam bentuk bibit, Rina berharap masyarakat ikut menjaganya dengan tidak menjaring ikan yang masih benih dan bersabar hingga 3 bulan agar ikan berkembang dan layak jual untuk konsumsi.

"Kalau sudah 3 bulan lebih silahkan ditangkap namun hasil tangkapannya disisihkan sedikit untuk membeli bibit ikan dan dilepas kembali ke Waduk Sermo agar populasi ikan tetap ada,"ungkapnya.

Baca Juga: Ratusan Ribu Ikan Nila di Laguna Pantai Trisik Mati Mendadak

2. Ikan red devil jadi ancaman populasi ikan lainnya di Waduk Sermo‎

1,2 Juta Bibit Ikan Nilem dan Tawes Dilepas di Waduk Sermoklubikan.com

Ikan jenis red devil yang saat ini banyak ditangkap penduduk adalah jenis ikan hias namun demikian ketika sudah banyak maka akan menjadi predator bagi ikan lainnya yang ukurannya lebih kecil.

"Ikan red devil tidak bisa dilepas bebas dan saya mohon pedagang ikan hias turut dimonitor,"pinta Rina.

4. Pemkab Kulon Progo akan gelar lomba tangkap ikan red devil‎

1,2 Juta Bibit Ikan Nilem dan Tawes Dilepas di Waduk SermoIDN Times/Rehan

Asisten II Pemkab Kulon Progo, Bambang Tri Budi Harsono mengatakan keberadaan ikan red devil yang invasif sangat mengancam populasi ikan lainnya.

"Bila perlu kita akan membuat lomba menangkap ikan red devil untuk menjaga populasi ikan jenis lain yang hidup di Waduk Sermo," ujarnya.‎

Baca Juga: Amonia Jadi Penyebab Matinya Ribuan Ikan di Laguna Pantai Trisik

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya