10 Warga Kulon Progo Keracunan Usai Menyantap Tempe Benguk

Satu korban harus menjalani rawat inap

Kulon Progo, IDN Times - Gara-gara mengonsumsi makanan tradisional tempe benguk, sedikitnya 10 warga di Padukuhan Trukan, Kalurahan Kulur, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo, mengalami keracunan. Warga yang keracunan langsung dilarikan ke rumah sakit setelah mual dan diare.

Baca Juga: Kisah di Balik Pemakaman Jenazah COVID Lintasi Sungai di Kulon Progo

1. Tempe benguk yang disantap oleh-oleh dari Sarmi

10 Warga Kulon Progo Keracunan Usai Menyantap Tempe Benguktuguwisata.com

Kabag Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jefry, menjelaskan peristiwa 10 warga keracunan tempe benguk itu berawal pada hari Senin (8/2/2021).

Seorang pedagang sayur keliling yang bernama Sarmi mengunjungi saudaranya yang bernama Suprapti. Sarmi membawakan sejumlah oleh-oleh yang salah satunya makanan tradisional tempe benguk yang cukup untuk dimakan satu keluarga.

Oleh-oleh tempe benguk kemudian diberikan kepada kedua anaknya yakni Pujiyanto dan Muh Dalan. Selanjutnya tempe benguk tersebut disantap oleh keluarga Pujiyanto dan Muh Dahlan. Namun selang beberapa waktu mereka mengeluhkan hal yang sama yakni mual dan diare.

"Kemudian kedua keluarga memeriksakan diri ke tenaga medis dan dipastikan keracunan," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (10/2/2021).

"Anggota Reskrim juga sudah datang ke rumah korban namun korban belum bisa dimintai keterangan karena sedang istirahat," tambahnya lagi.

2. Satu korban harus menjalani rawat inap

10 Warga Kulon Progo Keracunan Usai Menyantap Tempe BengukSalah satu korban keracunan tempe benguk di Kulon Progo. IDN Times/Istimewa

Nengah menjelaskan setelah diperiksakan kesepuluh korban keracunan kondisinya cukup baik setelah ditangani oleh dua bidan dan klinik PKU Muhammadiyah Wates serta klinik Riski Amalia Temon.

"Hanya satu yang rawat inap, lainnya hanya rawat jalan," ujarnya.

3. Korban yang mengalami keracunan merupakan warga satu dusun

10 Warga Kulon Progo Keracunan Usai Menyantap Tempe BengukPolisi mendatangi rumah korban keracunan tempe benguk. IDN Times/Istimewa

Sepuluh orang ini semuanya masih satu pedukuhan, yakni Muh Dahlan (48), Tri Utami (39), Sujilah (61), Slamet (68), Subari (71), Anisa Hidayati (17), dan Rukiyem (72), Suratmi (53), Suparmi (51) dan Fadhil Dwi Cahyo (11) opname di Rumah Sakit Riski Amalia Media Temon.

"Petugas juga akan minta keterangan dari pihak yang memberikan oleh-oleh tempe benguk," katanya.

Baca Juga: Pemda DIY Berlakukan PPKM Mikro, Ini 4 Kriteria Zonasi di RT/RW

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya