WHO: Lawan Virus Corona dengan Social Distancing Saja Tidak Cukup!

Semua yang pernah kontak dengan pasien harus diperiksa

Jakarta, IDN Times – Penyebaran virus corona tidak dapat dicegah apabila hanya menerapkan pembatasan sosial atau social distancing, seperti yang dikatakan Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Tindakan pembatasan sosial dapat membantu mengurangi penularan dan memungkinkan sistem kesehatan untuk mengatasinya. Cuci tangan dan menutup mulut menggunakan siku saat batuk bisa mengurangi risiko diri sendiri dan orang lain. Tapi itu saja tidak cukup untuk menumpas pandemi ini,” ujar Tedros, dikutip dari Antara, Rabu (18/3).

Saat memberikan keterangan pada Senin (16/3), ia mengatakan bahwa penerapan pembatasan interaksi sosial langsung seperti meliburkan sekolah dan membatalkan kegiatan olahraga dalam upaya mengendalikan penularan virus corona (COVID-19) meningkat.

1. Memutus rantai penularan adalah cara yang paling efektif ujar Tedros

WHO: Lawan Virus Corona dengan Social Distancing Saja Tidak Cukup!Petugas bandara saat memeriksa petugas bandara lainnya di APT Pranoto Samarinda (Dok.IDN Times/Istimewa)

Dia menjelaskan cara paling efektif untuk mencegah penularan virus corona yang dapat menyelamatkan banyak orang adalah dengan memutus rantai penularan dengan cara melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan melakukan karantina terhadap suspect.

“Seperti yang selalu saya katakan, semua negara harus menjalankan pendekatan komprehensif,” tambah Tedros.

Baca Juga: Anjuran WHO: Cara Hindari Virus Corona di Tempat Kerja

2. Melakukan pemeriksaan terhadap kerabat dekat pasien positif virus corona

WHO: Lawan Virus Corona dengan Social Distancing Saja Tidak Cukup!IDN Times/Aji

WHO merekomendasikan untuk memeriksa orang-orang yang pernah berhubungan dengan para pasien yang positif terpapar COVID-19, terlebih apabila mereka menunjukkan gejala yang serupa dengan gejala virus tersebut.

“Kalau hasil tes positif, isolasi mereka dan temukan siapa yang pernah berhubungan dekat dengarnya sampai dua hari sebelum gejala semakin memburuk, agar orang-orang tersebut dapat diperiksa juga,” ujarnya.

WHO menyarankan seluruh pasien yang dikonfirmasi terserang virus corona, termasuk mereka yang menunjukkan gejala, agar diisolasi untuk mencegah penularan.

3. Pengiriman 1,5 juta perangkat pemeriksaan oleh WHO

WHO: Lawan Virus Corona dengan Social Distancing Saja Tidak Cukup!(Ilustrasi logo WHO) www.who.int

WHO sudah mengirimkan hampir 1,5 juta perangkat pemeriksaan ke 120 negara, serta bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai upaya meningkatkan ketersediaan fasilitas pemeriksaan ke negara yang membutuhkan.

“Anda tidak bisa melawan api dengan mata tertutup. Kita tidak bisa menghentikan virus ini jika tidak tahu siapa saja yang terinfeksi. Kami berpesan untuk semua negara: tes, tes, tes. Periksa setiap kasus yang dicurigai virus corona,” tegas Tedros.

Baca Juga: Pembatasan Gerak untuk Cegah Virus Corona, KBS Malah Ramai Anak TK

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya