TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pilkada Kabupaten Sleman Sedot Anggaran Rp87 Miliar, Begini Rinciannya

KPU peroleh alokasi paling besar

ilustrasi pilkada (IDN Times/Esti Suryani)

Intinya Sih...

  • KPU Sleman mendapat alokasi anggaran terbesar sebesar Rp44 miliar dari APBD Kabupaten Sleman untuk Pilkada 2024.
  • Bawaslu Sleman juga mendapat alokasi sekitar Rp13 miliar, sementara pendanaan pengamanan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 mencapai Rp30 miliar.
  • Pelaksanaan Pilkada 2024 membutuhkan peran aktif seluruh elemen masyarakat, termasuk pemerintah, TNI-Polri, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Sleman, IDN Times - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Sleman menelan anggaran Rp87 miliar. Anggaran tersebut berasal dari APBD Kabupaten Sleman.

"Alokasi anggaran melalui APBD Sleman ini diberikan kepada pihak-pihak penyelenggara Pilkada 2024 dan instansi terkait lainnya untuk mendukung pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sleman 2024," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sleman Indra Darmawan, Jumat (27/9/2024).

 

 

1. Dana untuk pengamanan

Indra Darmawan menjelaskan dana dalam bentuk hibah tersebut dialokasikan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman sebesar Rp44 miliar, dan untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman sekitar Rp13 miliar.

"Di samping itu kami ada pendanaan untuk pengamanan tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 sekitar Rp30 miliar," ujarnya.

2. Masyarakat diminta mendukung kesuksesan Pilkada

Menurut Indra, kesuksesan pelaksanaan Pilkada 2024 juga tidak lepas dari peran seluruh elemen masyarakat dalam menjaga kondusivitas wilayah. Mulai dari pemerintah, penyelenggara pemilu, TNI-Polri, serta keterlibatan tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat.

"Kami melihat masyarakat Sleman sudah dewasa dan damai dari dulu, namun kita tetap waspada, nanti kita butuh dukungan jaga warga di setiap kalurahan, kemudian mitra seperti Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan tokoh masyarakat," jelasnya.

Baca Juga: 2 Saluran Irigasi Utama Ditutup, Ini Dampaknya ke Sleman

3. Pilkada diikuti dua pasangan calon

Seperti diberitakan sebelumnya, Pilkada 2024 Kabupaten Sleman akan diikuti oleh dua pasangan calon bupati dan wakil bupati. Kedua pasangan calon tersebut adalah pasangan nomor urut 1 yakni Kustini Sri Purnomo sebagai calon bupati, berpasangan dengan Sukamto sebagai calon wakil bupati. Kemudian pasangan nomor urut 2 yakni, Harda Kiswaya sebagai calon bupati yang berpasangan dengan Danang Maharsa sebagai calon wakil bupati.

Baca Juga: 5 Resort di Sleman untuk Staycation, Bernuansa Jawa Klasik

Berita Terkini Lainnya