Puaskah Generasi Millennial dengan Kinerja Jokowi Periode Pertama?

Generasi millennial kecewa dengan pencapaian ekonomi

Jakarta, IDN Times - Joko 'Jokowi' Widodo akan segera dilantik sebagai Presiden RI pada 20 Oktober. Bersama wakilnya, Ma'ruf Amin Jokowi akan menjalani periode ke dua. Pada periode sebelumnya Jokowi yang memerintah bersama Jusuf Kalla telah melakukan berbagai terobosan, terutama, yang terlihat jelas adalah pembangunan infrastruktur.

Secara umum, millennial mengaku puas dengan pelayanan Kabinet Kerja. Melalui riset Indonesia Millennial Report 2019, IDN Research Institute mengukur sejauh mana kepuasan generasi muda terhadap kinerja Jokowi-JK.

Pada bidang apa sih millennial puas dengan kinerja pemerintah Jokowi selama in?

1. Millennial puas dengan pelayanan internet

Puaskah Generasi Millennial dengan Kinerja Jokowi Periode Pertama?ilustrasi/gmaresearch.com

Apresiasi tertinggi millennial terhadap kinerja pemerintah jatuh pada bidang telekomunikasi dan internet dengan tingkat kepuasan 90,1 persen.

Disusul oleh pelayanan pendidikan dengan angka 88,4 persen dan pelayanan transportasi publik sekitar 80,3 persen.

Baca Juga: Indonesia Akan Jadi Kekuatan Ekonomi Digital Terbesar di Asia Tenggara

2. Millennial tidak puas dengan pencapaian ekonomi

Puaskah Generasi Millennial dengan Kinerja Jokowi Periode Pertama?Ilustrasi (PIxabay)

Tingkat kepuasan millennial terendah terletak pada bidang ekonomi. Hanya 59,5 persen millennial yang mengaku puas dengan kondisi ekonomi nasional.

Di samping itu, 53,3 persen generasi yang dikenal juga dengan sebutan Gen Y ini mengaku tidak puas dengan cara pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh pemerintah. Di posisi paling bawah, sekitar 53,4 persen millennial yang tidak puas dengan harga kebutuhan pokok.

3. Penegakan hukum di Indonesia menempati peringkat paling rendah

Puaskah Generasi Millennial dengan Kinerja Jokowi Periode Pertama?ilustrasi/publicfinance.uk

Sebelum menutup masa kepemimpinannya, pemerintah hari ini memiliki tugas berat untuk meningkatkan kepercayaan generasi millennial terhadap proses penegakan hukum. Tingkat optimisme generasi millennial terhadap penegakan hukum menempati peringkat terbawah dengan 75,4 persen.

Sementara itu, di posisi paling atas, generasi millennial merasa yakin kehidupan beragama akan semakin baik di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi. Semangat diversity is beautiful menduduki tingkat optimisme paling tinggi sebesar 89,1 persen.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. 

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. 

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri tak kurang dari 3.000 pemimpin millennial Indonesia. Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019.

Survei ini dilakukan IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center. Melalui survei yang melibatkan 1.400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. 

Survei ini dilakukan pada periode 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen. Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: Pak Jokowi, Jangan Puas Dulu dengan Capaian Penurunan Angka Kemiskinan

Topik:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya