Dari Jokowi hingga Puan, Siapa Politikus Paling Dikenal Millennial?

Siapakah yang menempati urutan pertama ya?

Jakarta, IDN Times - IDN Research Institute merilis Indonesia Millennial Report 2019, sebagai upaya mengenal karakter generasi muda di Tanah Air.

Dalam laporan tersebut, para peneliti melakukan jajak pendapat terhadap 1.400 millenial di 12 kota besar di Indonesia. Salah satu pertanyaan yang diajukan adalah, siapa tokoh politik yang paling tenar di kalangan millenial?

Baca Juga: Siti Ruhaini, Staf Khusus Presiden Ini Akan Hadir di IMS 2019

1. Presiden Jokowi menempati urutan pertama

Dari Jokowi hingga Puan, Siapa Politikus Paling Dikenal Millennial?ANTARA FOTO/Setneg-Agus Suparto

Di urutan teratas, dengan angka 95,1 persen, millennial mengaku kenal dengan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo. Disusul Ketua Partai Gerindra sekaligus calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dengan persentase 90,4 persen.

Tokoh lain yang menarik generasi millennial adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan persentase 82,2 persen, yang mengungguli Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meski sudah dua kali menjabat sebagai wakil presiden RI, dengan tingkat ketenaran 81,2 persen.

2. Puan Maharani menempati urutan terbawah

Dari Jokowi hingga Puan, Siapa Politikus Paling Dikenal Millennial?Tim Asian Games 2018

Puan Maharani yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) justru menempati peringkat terbawah, dengan elektabilitas 45,8 persen. Di atasnya, ada Susi Pudjiastuti dengan persentase 47 persen.

Dari 16 tokoh politik yang dikenal generasi millennial, hanya Partai Demokrasi Indonesai Perjuangan (PDIP) yang menyumbang dua kadernya, yaitu Jokowi dan Puan.

3. Millennial lebih mengenal Ahok daripada Rizieq Shihab

Dari Jokowi hingga Puan, Siapa Politikus Paling Dikenal Millennial?IDN Times/Helmi Shemi

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, menempati peringkat kelima dengan persentase 81,2 persen atau setra dengan JK. 

Adapun tokoh politik dengan embel-embel Islam yang paling tinggi adalah Rizieq Shihab, sekitar 55,7 persen. Lebih tinggi dari Ma'ruf Amin yang hanya 48,6 persen.

4. Millennial cenderung memilih tokoh politik yang jujur

Dari Jokowi hingga Puan, Siapa Politikus Paling Dikenal Millennial?IDN Times/Rochmanudin

Dalam konteks kontestasi politik, millennial cenderung memilih tokoh politik yang jujur. Disusul tokoh politik yang dekat dengan rakyat dan bebas korupsi. Hal ini menandakan millennial cenderung dipengaruhi rekam jejak dalam kontestasi politik.

Millennial cenderung kurang tertarik dengan tokoh politik yang menjual slogan pemuda dan relijius.

IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2019. Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini dilangsungkan pada 19 Januari 2019 di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta. 

IMS 2019 menghadirkan lebih dari 50 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial. 

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri 1.500-an pemimpin millennial. Dalam IMS 2019, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2019. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Alvara Research Center. 

Melalui survei yang melibatkan 1400-an responden di 12 kota ini, IDN Times menggali aspirasi dan DNA millennial Indonesia. Survei ini sendiri dilakukan pada periode 20 Agustus-6 September 2018 dengan margin of error 2,62 persen.

Simak hasilnya di IMS 2019, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Baca Juga: IMR 2019-Ajang Millennial Terbesar Tanah Air akan Dibuka Jusuf Kalla

Topik:

  • Rochmanudin
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya