Jika Tak Lagi Menjadi Menteri Jokowi, Susi Pilih Jadi Wartawan

Menteri Susi juga menyelipkan pesan bagi Millennial

Jakarta, IDN Times – Kamis, 6 Juni 2019, jarum jam menunjukkan pukul 22.30 WIB. Puluhan orang masih berkumpul di kediaman Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. 

Sejak pagi, Susi menggelar open house Idulfitri 1440 H yang dibagi menjadi tiga sesi. Sesi terakhir, di malam hari, untuk pemimpin redaksi dan para duta besar negara sahabat. Rumah di kompleks pejabat tinggi di Kawasan Widya Chandra, Jakarta Selatan itu, dipasangi tenda warna putih, baik di halaman depan maupun halaman belakangnya.

“Tapi, tadi siang banyak juga dubes yang hadir di sesi dengan masyarakat dan tamu lainya,” kata Susi. Meski seharian menerima lebih dari seribu tamu, Susi tak nampak kelelahan. Dia menyambangi para tamu yang duduk di meja-meja bundar yang ditata di halaman belakang rumah. “Ada Nasi Briyani. Jangan lupa sambalnya, segar,” ujarnya.

Malam itu, putra-putri dan cucu Susi juga ikutan berkumpul, rileks. Alvy Xavier yang baru lulus dari Cushing Academy Massachusetts, Amerika Serikat, sempat mempertontonkan kebolehannnya main musik.  Alvy main organ, main gitar dan menyanyi. “Dia bakal melanjutkan ke jenjang universitas di Boston juga, meskipun sebenarnya diterima di perguruan tinggi di New York,” kata Susi.

Baru kali ini Susi melewatkan waktu lebaran di Jakarta.  Tahun-tahun sebelumya, sosok paling popular di kabinet kerja Presiden Joko “Jokowi” Widodo ini merayakan Idulfitri di kampung halamannya, di Pangandaran, Jawa Barat.  Kali ini, Susi akan berkumpul dengan sanak keluarga dan masyarakat di Pangandaran, pada 13 Juni 2019. “Soalnya saya diberitahu bahwa menteri kalua bisa ya bikin open house,” kata dia.

1. Begini arti Idulfitri bagi Menteri Susi

“Selamat Idulfitri, semoga dengan Idulfitri ini membawa kegembiraan kepada kita semua dan kebersamaan.  Kita merayakan hari raya ini, hari kemenangan setelah berpuasa selama 30 hari, dan kita bersama-sama seluruh keluarga, dan handai taulan, saudara dan seluruh bangsa merayakan Idulfitri,” kata Susi saat diajak nge-vlog oleh IDN Times.

Buat Millennial, Susi berpesan agar habis lebaran kembali semangat bekerja. “Bekerja dan berkarya karena kalian sudah gembira pasti energinya lebih banyak,” ujarnya.

Apa makna Idulfitri bagi Susi? “Maknanya kebersamaan, kegembiraan dan bahwa kita tuh bisa melakukan semua, meditasi dari segala ketidakbaikan, selain menahan lapar, ujungnya kita merayakan dengan kebersamaan dan kegembiraan.

Baca Juga: 10 Potret Alvy Xavier, Putra Menteri Susi yang Curi Perhatian Warganet

2. Usai Lebaran, Menteri Susi bakal tenggelamkan 30 kapal asing bermasalah

Jika Tak Lagi Menjadi Menteri Jokowi, Susi Pilih Jadi WartawanIDN Times/Uni Lubis

Meskipun masih dalam suasana libur Lebaran, Susi tak melepaskan fokus kepada tugas pokok dan fungsinya sebagai Menteri KKP.

“Setelah libur Idulfitri kami bakal menenggelamkan 30-an kapal asing bermasalah,” ungkap Susi kepada awak media yang setia menungguinya menerima para tamu.

Susi membeberkan bahwa ada 30 kapal yang telah diputus bersalah oleh pengadilan, yang  berarti memiliki kekuatan hukum tetap. “Penenggelaman kapal masih berlangsung di sejumlah tempat, ada di Batam, Tarempa, Natuna, Bitung, juga Pontianak,” kata dia.

Selain yang 30 sudah diputus pengadilan, masih ada sekitar 60 kapal asing yang tengah jalani proses hukum.  

3. Susi Pudjiastuti mengaku siap jika diminta menjadi menteri di kabinet periode kedua Jokowi

Jika Tak Lagi Menjadi Menteri Jokowi, Susi Pilih Jadi WartawanIDN Times/Uni Lubis

Keunggulan Jokowi di Pilpres 2019, tak urung membuat publik berharap, sosok seperti Susi dapat terus dipercayai menjabat menteri. “Insya Allah, jika badan sehat dan Pak Jokowi memberikan kepercayaan penuh,” kata Susi, menjawab pertanyaan media.

Kalau tidak dipilih lagi oleh Jokowi?  “Ya, jadi wartawan. Wartawan online.  Kan follower-ku sudah banyak, jadi bisa bikin Susi.com,” canda Susi. Akun Twitter @SusiPudjiastuti memiliki lebih dari 924 ribu pengikut. Sementara akun Instagram @SusiPudjiastuti115 memiliki 2,3 juta pengikut.

Malam kian larut. Kepala Hubungan Masyarakat dan Kerjasama KKP, Lilly Aprilya Pregiwati, memberitahu bosnya, bahwa masih ada masyarakat yang setia menunggui di halaman depan.  “Mereka ingin berfoto bareng Ibu,” bisik Lilly.

Susi lantas beranjak dari duduknya, dan menemui mereka. “Ayo, fotonya bareng-bareng saja ya,“ kata petugas KKP.

Meskipun tak bisa berfoto sendiri-sendiri, apalagi swafoto dengan Menteri Susi, mereka nampak cukup puas.

Di akhir vlog, Susi berpesan agar Millennial tetap rajin makan ikan. “Di-posting, mention, nanti saya like,” kata dia.

Baca Juga: 5 Fakta Menteri Susi Pudjiastuti, Nyentrik Pemberantas Pencuri Ikan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya