Prabowo: Seribu Harimau Dipimpin Kambing akan 'Mbeek' Semua

Ajak purnawirawan tetap berkontribusi bagi negara

Bantul, IDN Times - Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, berbagi kisah mengenang masa muda dan karier militernya saat menghadiri acara reuni akbar dan halalbihalal purnawirawan TNI-Polri di JEC, Bantul, DIY, Rabu (3/5/2023).

Prabowo hadir dalam kesempatan itu selaku Ketua Dewan Pembina Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR).

1. Prajurit bandel di masanya

Prabowo: Seribu Harimau Dipimpin Kambing akan 'Mbeek' SemuaPrabowo di acara Reuni Akbar dan Halalbihalal Purnawirawan di Jogja Expo Center (JEC), Jogja, Rabu (3/5/2023),(Youtube Gerindra)

Di depan ribuan purnawirawan, dia bernostalgia pernah menjadi seorang prajurit yang bandel di Angkatan Darat (AD).

"Terus terang aja saya di sini di depan kalian semua, saya mengaku kepada senior. Dulu saya anak buah yang agak bandel pak, minta maaf, pak. Enggak apa-apa kita ngaku sekarang, udah purnawirawan kok," kata Prabowo.

2. Jiwa harimau-kambing

Prabowo: Seribu Harimau Dipimpin Kambing akan 'Mbeek' SemuaPrabowo dalam acara reuni akbar dan halal bihalal purnawirawan TNI-Polri di JEC, Bantul, DIY, Rabu (3/5/2023).(IDNTimes/Tunggu Damarjati)

Prabowo lantas mengungkap kehidupan keras ketika penempatan di daerah. Orang-orang bertekad 'harimau' mengisi barisan tempur.

"Pasukan tempur itu anggotanya harimau semua. Kalau kita tidak harimau, kacau itu," ujar Prabowo yang mengakhiri pengabdiannya sebagai anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) dengan pangkat letnan jenderal (letjen) alias jenderal bintang tiga.

Prabowo berkata, oleh para seniornya ia diajarkan tentang perumpamaan harimau dan kambing, serta kaitannya dengan jiwa kepemimpinan.

"Seribu harimau dipimpin oleh kambing, harimau akan 'mbeek' semua. Tapi, seribu kambing dipimpin harimau, kambingnya akan mengaum semua. Apalagi harimau dipimpin oleh harimau," ujar Prabowo.

Baca Juga: Maju Pemilu 2024, Prabowo Sebut Ganjar dan Anies Putra Terbaik Bangsa 

3. Tuntut kontribusi purnawirawan

Prabowo: Seribu Harimau Dipimpin Kambing akan 'Mbeek' SemuaPrabowo Subianto dalam acara reuni akbar dan halal bihalal purnawirawan TNI-Polri di JEC, Bantul, DIY, Rabu (3/5/2023). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Meski masa tugas telah berakhir, Prabowo mengajak para purnawirawan di PIPR untuk tetap berkontribusi bagi bangsa dan negara. Mantan Danjen Kopassus itu yakin, orang-orang di hadapannya tetap berjiwa harimau walau telah lanjut usia.

"Kalau kita sudah pasti mati, sisa hidup kita mari kita berikan pikiran, tenaga, pengabdian, sisa hidup kita, kita berikan kepada bangsa dan rakyat kita yang kita cintai," imbuh Prabowo.

Baca Juga: Momen Prabowo 'Dikerjai' saat Orasi, Mau Minum tapi Cangkir Kosong

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya