Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk Pemuda

Jokowi berkunjung ke Papua Barat

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperingati Hari Sumpah Pemuda yang jatuh hari ini, Selasa (28/10), di Papua. Dia menyampaikan beberapa pesan kepada pemuda, agar bersatu membangun Indonesia.

Pesan tersebut ia unggah dalam akun Instagram-nya @jokowi. Selain berpesan, Jokowi juga mengunggah sejumlah foto saat memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Berikut pesan-pesan Jokowi kepada pemuda pemudi Indonesia dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda.

1. Jokowi menyebutkan 91 tahun Sumpah Pemuda masih terus bergaung

Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk PemudaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengingatkan sudah 91 tahun berlalu perjuangan pemuda dan pemudi di Indonesia, namun gaung Sumpah Pemuda masih didengar hingga kini.

"Sudah 91 tahun berlalu, tapi ikrar pemuda Indonesia dari seluruh nusantara yang berkumpul pada 28 Oktober 1928 itu tetap menggema hari ini," tulis mantan Wali Kota Solo itu.

2. Jokowi mengajak anak muda bergandengan tangan membangun negeri

Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk PemudaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi juga mengajak pemuda dan pemudi di Tanah Air bergandengan tangan demi membangun Indonesia yang lebih baik.

"Saya mengajak para pemuda bergandengan tangan, menggerakkan Indonesia, sekarang dan yang akan datang," ujar dia.

3. Jokowi mengatakan pemuda adalah masa depan bangsa

Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk Pemuda(Presiden Jokowi mengunjungi masyarakat di Pegunungan Arfak, Papua) Dok. Biro Pers Kepresidenan RI

Jokowi menuturkan pemuda adalah masa depan bangsa, sehingga maju dan tidaknya Indonesia tergantung mereka.

"Di tangan pemuda lah negara ini akan maju," ujar Presiden.

4. Jokowi berkunjung ke Papua Barat

Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk PemudaTwitter/@KSPgoid

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambangi Papua Barat sejak Minggu (27/10). Dalam kunjungan kerja kali ini, dia berkunjung ke beberapa tempat, di antaranya ke lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat.

Di sini, Jokowi dan Iriana menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa. Setibanya di lapangan, Jokowi dan rombongan disambut penampilan tarian khas Suku Besar Arfak, yaitu Tari Tumbu Tanah.

Jokowi juga sempat mendapatkan paparan mengenai pembangunan di daerah setempat dari Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy. Sementara, dalam sambutannya, Presiden merasa senang dan terharu bisa menyambangi Kabupaten Arfak, untuk pertama kalinya dan bertemu langsung dengan warga setempat.

Menurut Jokowi, pembangunan jalan antara pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, diharapkan memudahkan transportasi warga dan distribusi barang, terutama produk-produk pertanian. Sehingga petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

Jokowi juga berharap pembangunan jalan tersebut juga dapat mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak, agar berkembang dengan lebih pesat. Sebab, kata Presiden, pegunungan Arfak memiliki potensi pariwisata yang indah seperti dua danau, Anggi Giji dan Anggi Gida.

Selain infrastruktur jalan, Presiden Jokowi juga berkomitmen mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak. Dia menilai, bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.

"Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airportdi sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat bisa pergi ke manapun. Bandara adalah prasarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk di sini untuk bisa lebih maju ke depan," kata Jokowi seperti diunggah di akun Twitter Kantor Staf Presiden @KSPgoid, Senin (28/10).

Jokowi juga berjanji akan membangun sejumlah fasilitas umum seperti rumah sakit, puskesmas, dan pasar. "Saya akan berikan, tetapi mohon waktu paling tidak 2-3 tahun ya."

Selain itu, Jokowi dan Ibu Iriana juga meninjau Pasar Irai. Kedatangan keduanya disambut meriah warga dan pedagang. Keduanya berkeliling pasar, untuk melihat beragam komoditas pertanian yang dijual seraya berinteraksi dengan para pedagang.

5. Jokowi dan Iriana menikmati senja di pantai Laut Arafuru

Peringati Sumpah Pemuda di Papua, Begini Pesan Jokowi untuk PemudaTwitter/@KSPgoid

Dalam kunjungan kali ini, Jokowi juga menyambangi Taman Kota Senja di Kabupaten Kaimana. Ribuan masyarakat kabupaten ini tumpah ruah menyambut kedatangan Presiden dengan antusias di Taman Kota. Mereka menari Seka, salah satu tarian adat masyarakat pesisir selatan Papua yang meliputi daerah Timika, Kaimana, dan Fakfak.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana pun larut dalam suasana dan turut menari. Tak sedikit pula warga yang memanfaatkan momen kedatangan Kepala Negara ini untuk bersalaman dan berfoto.

Saat langit mulai memerah, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana berjalan menuju tepi anjungan. Keduanya duduk di kursi dengan meja panjang di depannya, menghadap Laut Arafuru, serta ditemani minuman kelapa muda.

Selain Iriana, Jokowi juga didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Hadir juga Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Pelaksana Tugas (Plt) Kapolri Komjen Ari Dono, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy.

Baca Juga: [FOTO] 7 Potret Romantis Ala Jokowi dan Iriana Saat Senja di Papua

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya