Comscore Tracker

Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Gereja Katedral

Masjid Istiqlal direnovasi dengan anggaran Rp475 miliar

Jakarta, IDN Times - Proses renovasi Masjid Istiqlal, ditinjau Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Jumat (7/2). Menurut Jokowi renovasi Masjid Istiqlal tersebut adalah yang pertama setelah 41 tahun. Untuk proses renovasi pemerintah menyediakan anggaran ratusan miliar.

"Kami harapkan nanti sebelum Ramadan sudah bisa selesai, sehingga (Masjid Istiqlal) bisa dipakai. Ini adalah renovasi besar sejak 41 tahun yang lalu. Karena anggaran yang diperlukan untuk ini cukup gede Rp475 miliar," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat pada Jumat (7/2).

Dijelaskan Jokowi, selain renovasi bangunan Masjid Istiqlal, nantinya dibangun juga sebuah terowongan yang menghubungkan antara masjid terbesar di Asia Tenggara ini ke Gereja Katedral. 

Lalu, digunakan untuk apa saja dana ratusan miliar itu dalam renovasi Masjid Istiqlal?

Baca Juga: Tak Punya Ruang Kelas, Siswa SD di Jogja Belajar untuk UN di Pos Ronda

1. Anggaran ratusan miliar untuk merenovasi banyak hal di masjid

Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Gereja Katedral(Presiden Jokowi meninjau Masjid Istiqlal pada 7 Februari 2020) Dokumentasi Sekretariat Kabinet

Menurut Jokowi, anggaran Rp475 miliar tersebut digunakan untuk memperbaiki bangunan, memoles lantai, mengganti karpet, lampu, hingga sound system. Masjid Istiqlal juga ditambah tempat parkir di basement.

"Juga pembangunan landscape di luar, bukan hanya interior, eksterior, semuanya dibangun. Sungai yang ada di lingkungan (Masjid) Istiqlal semua diperbaiki, sehingga tamannya menjadi lebih bagus lagi," kata Jokowi. 

Baca Juga: Istiqlal Tak Sediakan Parkir Bagi Jemaat Gereja Katedral saat Natal

2. Akan dibangun terowongan bawah tanah untuk menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral

Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Gereja KatedralPresiden Jokowi meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat 7 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengaku mendapatkan usulan untuk membangun terowongan bawah tanah sebagai penghubung dari Masjid Istiqlal ke Gereja Katedral. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menyetujuinya. Jokowi berharap, terowongan tersebut dapat menjadi terowongan silaturahmi kedua tempat ibadah itu.

"Tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi. Terowongan bawah tanah. Sehingga tidak nyebrang, sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahmi," kata Jokowi. 

3. Jokowi sebut Masjid Istiqlal terlihat lebih bersih

Jokowi Bangun Terowongan Silaturahmi Masjid Istiqlal-Gereja KatedralPresiden Jokowi meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat 7 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi mengaku puas setelah melihat hasil renovasi masjid. Menurutnya, Istiqlal terlihat lebih bersih dan rapi.

"Ya tadi kelihatan bersih, poles lantainya marmer, dinding marmer dipoles semua. Sound-nya diganti, lighting-nya diganti, karpetnya diganti, tempat wudu semua diperbaiki. Perbaikan total," katanya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Hujan Deras Tak Halangi Jemaat Hadiri Misa Natal di Gereja Katedral

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya