Jokowi Akan Pecat Menteri yang Tidak Kerja Serius dan Capai Program

Jokowi akan menyederhanakan eselonisasi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan agar menteri Kabinet Kerja jilid II, serius mencapai tujuan program pembangunan. Jokowi tak segan-segan akan memecat menteri yang tak bisa mencapai tujuan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat pidato pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024, di Gedung MPR RI, Minggu (20/10).

"Saya juga minta kepada para menteri, para pejabat dan birokrat, agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot," kata dia.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengatakan, akan melakukan penyederhanaan eselonisasi. Pejabat eselon I hingga IV terlalu banyak dan perlu disederhanakan.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," tutur Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga berencana melakukan penyederhanaan birokrasi. Birokrasi panjang harus sudah mulai dipangkas.

"Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Investasi untuk penciptaan lapangan kerja harus diprioritaskan. Prosedur yang panjang harus dipotong. Birokrasi yang panjang harus kita pangkas," ucap Jokowi.

Baca Juga: Ini Kiteria Menteri Kebinet Kerja Jilid II dan Kepala Lembaga Jokowi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya