Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi Digital

Jokowi bahas kesiapan Indonesia hadapi ekonomi digital

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Osaka, Jepang, pada 28-29 Juni 2019. Saat menghadiri pertemuan dengan para kepala negara dan kepala pemerintahan di G20 itu, Jokowi pun membawa isu mengenai kesiapan Indonesia untuk ekonomi digital.

Dalam forum internasional tersebut, Jokowi menyampaikan inisiatif Indonesia atas usulan Inclusive Digital Economy Accelerator Hub atau IDEA Hub.

1. Jokowi bawa isu IDEA Hub untuk ekonomi digital di Indonesia

Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi DigitalDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan, Indonesia mengonsepkan IDEA hub sebagai wadah global bagi para pelaku bisnis digital, terutama bagi yang sudah berstatus unicorn. Dan konsep tersebut diharapkan bisa dapat bermanfaat bagi pemerintah, swasta, mau pun UMKM.

Usulan IDEA Hub ini dicetuskan untuk mengurangi angka kesenjangan sosial dan ekonomi antarnegara.

"IDEA Hub pada dasarnya merupakan tempat kurasi, mengelola, dan berbagi pengalaman model bisnis digital para unicorn anggota G20," kata Jokowi dalam KTT G20 Sesi II yang membahas soal ekonomi digital dan kecerdasan buatan, Jumat (28/6).

Baca Juga: Sambut KTT G20, Nenek-nenek di Osaka Rilis Video Musik Funky Rap

2. Masyarakat Indonesia perlu siap untuk manfaatkan ekonomi digital

Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi DigitalDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menjelaskan, pembelajaran terhadap model bisnis digital dalam IDEA Hub tersebut mencakup tiga area informasi, antara lain sharing economy, workfoce digitalization, dan financial inclusion.

Ketiga area informasi itulah, lanjut Jokowi, yang diharapkan dapat mengurangi ketimpangan ekonomi antarnegara dan mempercepat ekonomi inklusif secara global.

Selain itu, Jokowi juga memandang perlunya mempersiapkan masyarakat ekonomi digital yang mampu memanfaatkan perkembangan ekonomi digital yang tengah berkembang. Menurut dia, ada tiga pilar utama dalam upaya mempersiapkan masyarakat ekonomi digital itu.

"Pertama, peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia. Kedua, pembangunan infrastruktur digital penting untuk terus ditingkatkan," terang Jokowi.

3. Pembangunan masyarakat ekonomi digital harus disiapkan Indonesia

Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi DigitalDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Ada pun pilar ketiga, tambah Jokowi, yakni tentang pembangunan masyarakat ekonomi digital. Jokowi menjelaskan, yang dimaksud adalah perbaikan dan peningkatan iklim investasi dalam mendukung pengembangan ekonomi digital.

"Ketiga, ekosistem dan iklim investasi pengembangan ekonomi digital harus terus diperbaiki," tuturnya.

4. Jokowi ingatkan ekonomi digital harus mampu menjangkau kepentingan golongan masyarakat

Di G20 Osaka, Jokowi Bawa Isu Kesiapan Indonesia di Ekonomi DigitalDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Di hadapan para pimpinan negara-negara G20 yang hadir, Jokowi juga mengingatkan bahwa ekonomi digital dan pemerataannya harus mampu menjangkau kepentingan segenap golongan masyarakat sebagaimana prinsip yang ditetapkan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

"Sebagai penutup, saya ingin mengingatkan bahwa ekonomi digital tidak boleh melupakan kepentingan setiap orang. Tidak boleh ada orang yang tertinggal, no one left behind," ucap dia.

Baca Juga: Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh Trump

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya