Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh Trump

Jokowi ada di Jepang hingga hari Sabtu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo tiba di Osaka, Jepang pada Jumat (28/6) pukul 11:30 waktu setempat untuk menghadiri KTT G20. Tiba di Intex Osaka, Presiden Jokowi berbincang santai dengan beberapa pemimpin dunia termasuk, Presiden AS, Donald Trump. 

Peristiwa itu terjadi di ruang tunggu para pemimpin. Jokowi juga sempat bercengkerama dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammad Bin Salman, Perdana Menteri Australia, Scott Morrison hingga Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Wah, kira-kira apa yang mereka bicarakan ya?

1. Presiden Trump sempat memberikan permen kepada Jokowi

Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh TrumpDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Di dalam pertemuan tersebut, Jokowi tampak akrab dengan beberapa kepala negara dan kepala pemerintah. Jokowi juga terlihat melakukan foto bersama dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Bahkan, Trump sempat menawari Jokowi permen ketika berada di ruang tunggu. 

Hubungan Trump-Jokowi yang akrab seolah menambah positif relasi kedua negara yang pada tahun ini memasuki usia 70 tahun. 

Baca Juga: Jokowi Jadi Lead Speaker di KTT G20 Osaka, Ini 4 Topik Pilihannya

2. KTT G20 dihadiri oleh 20 pemimpin negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di dunia

Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh TrumpDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Adapun kepala negara dan kepala pemerintahan yang hadir bersama Jokowi antara lain seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Putra Mahkota Kerajaan Saudi Mohammad bin Salman, PM Kanada Justin Trudeau, PM Australia Scott Morrison, PM Belanda Mark Rutte, Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde, dan lainnya. Kementerian Luar Negeri mengatakan salah satu fokus yang akan dibawa oleh Pemerintah Indonesia di forum itu yakni inklusivitas ekonomi digital. 

Juru bicara Kemenlu, Arrmanatha Nasir, mengatakan salah satu alasan Indonesia memilih topik itu karena bisnis rintisan yang berbasis teknologi (startup) di Indonesia kini semakin berkembang pesat. Bahkan, beberapa perusahaan startup di Indonesia sudah ada yang masuk ke jajaran unicorn yakni start up dengan valuasi di atas US$1 miliar. 

3. Jokowi disambut oleh Wamenlu Jepang saat tiba di Osaka

Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh TrumpDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Tiba di Osaka, Jokowi dan Ibu Negara Iriana disambut oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Toshiko Abe dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Arifin Tasrif.

Sementara itu, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong juga menyambut Jokowi dan Ibu Iriana di lobi hotel tempat menginap selama berada di Osaka.

Serangkaian agenda telah menanti Presiden di hari pertama kunjungan ini. Di antaranya, menghadiri pembukaan KTT G20 dan beberapa pertemuan bilateral.

4. Presiden Jokowi dijadwalkan mengikuti pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin negara asing

Akrab dengan Pemimpin Negara G20, Jokowi Diberi Permen oleh TrumpDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Setelah menjalani sesi pertama, Jokowi dijadwalkan menjalani sejumlah pertemuan bilateral, di antaranta dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden China Xi Jin Ping dan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. Selanjutnya pada sesi kedua KTT G20 akan membahas Innovation on Digital Economy.

Malam harinya, Jokowi akan menjalani kegiatan makan malam bersama para pemimpin negara G20 dan menyaksikan pertunjukan budaya Jepang sebagai tuan rumah.

Baca Juga: Sambut KTT G20, Nenek-nenek di Osaka Rilis Video Musik Funky Rap

Topik:

Berita Terkini Lainnya