Polres Tetapkan Tersangka, Bupati Sleman: Hormati Proses Hukum

Guru olahraga SMP N 1 Turi jadi tersangka

Sleman, IDN Times - Polres Sleman telah menetapkan satu tersangka insiden hanyutnya siswa SMP Negeri 1 Turi saat susur Sungai Sempor pada Sabtu (22/2) sore. Diketahui tersangka berinisial IYA yang merupakan guru olahraga di SMP 1 Turi.

Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati Sleman Sri Purnomo mengungkapkan jika pihaknya akan menyerahkan secara keseluruhan proses hukum kepada petugas kepolisian.

Baca Juga: [BREAKING] Pembina Pramuka SMPN 1 Turi Dijadikan Tersangka oleh Polri

1. Hormati praduga tak bersalah

Polres Tetapkan Tersangka, Bupati Sleman: Hormati Proses Hukum

Bupati Sleman menjelaskan, dalam kasus ini pihaknya menghormati asas praduga tak bersalah. Ditanya mengenai kemungkinan adanya warga yang ingin melaporkan Kepala Sekolah SMP 1 Turi, dirinya juga menghormati hal tersebut.

"Itu hak masing-masing. Bagaimana pun warga punya hak dan pilihan melakukan hal itu. Saya persilakan. Yang jelas semua tidak ada unsur kesengajaan, hanya kelalaian yang menyebabkan musibah ini," ungkapnya seusai memantau pembubaran posko pada Minggu (23/2).

2. Lakukan evaluasi kegiatan

Polres Tetapkan Tersangka, Bupati Sleman: Hormati Proses HukumIDN Times/Siti Umaiyah

Sri Purnomo menjelaskan, dengan adanya kejadian ini, semua kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan susur sungai akan dievaluasi. Menurutnya, dari Kemendikbud juga akan membuat prosedur tetap kegiatan kepramukaan.

"Kami sudah kumpulan kemarin, baik dari Kepsek SMP, MTs, Pengawas TK, SD, dan SMP. Selain itu, semua prosedur tetap yang sebelumnya sudah ada, akan dievaluasi kembali. Jangan sampai membawa anak dalam jumlah banyak sementara pendamping minim," terangnya.

3. Bersyukur semua korban telah ditemukan

Polres Tetapkan Tersangka, Bupati Sleman: Hormati Proses HukumIDN Times/Siti Umaiyah

Sampai dengan Minggu pagi, seluruh korban meninggal dunia yang berjumlah 10 orang telah ditemukan. Terkait hal tersebut, Bupati Sleman mengucap syukur dan berterima kasih atas kerja keras semua pihak.

"Kami bersyukur, semua yang kita cari sudah ketemu. Terima kasih Basarnas, TNI, Polri, dan relawan yang sudah bantu mencari korban. Sekaligus kami sedih sepuluh korban dalam keadaan meninggal dunia. Kami doakan semua korban husnul khotimah dan diterima di sisi Allah," katanya.

Baca Juga: Korban Terakhir Susur Sungai Sempor Ditemukan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya