Kantor Regional I BKN Adakan Simulasi Tes CPNS

Simulasi ditujukan agar peserta terbiasa dengan tes CAT

Sleman, IDN Times - Sebanyak 1.650 calon peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) yang diadakan oleh Kantor Regional I Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada Kamis (5/12). Simulasi tersebut diadakan selama dua hari dengan 6 sesi di hari Kamis dan 5 sesi di hari Jumat.

Baca Juga: Surat Lamaran Pendaftar CPNS Kota Yogyakarta Banyak Salah Alamat

1. Soal simulasi tidak jauh beda dengan tes CAT yang sesungguhnya

Kantor Regional I BKN Adakan Simulasi Tes CPNSSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Kepala Seksi Pemanfaatan Teknologi Infomasi, Kantor BKN, Stephanus Firmanto menjelaskan, untuk tipe soal yang diberikan pada saat simulasi tidak akan jauh beda dengan tes CAT yang akan diberikan pada saat tes seleksi CPNS yang sesungguhnya. Hanya saja, untuk jumlah soalnya agak sedikit berbeda.

"Kalau di tes ini soal yang 50 dengan dengan waktu pengerjaan selama 30 menit. Kalau tipe soal tidak jauh beda. Nanti hasil langsung kita tampilkan. Tata cara tesnya pun sama dengan tes CPNS yang sesungguhnya," katanya.

2. Simulasi ditujukan untuk latih calon peserta terbiasa dengan tes CAT

Kantor Regional I BKN Adakan Simulasi Tes CPNSSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Stephanus menjelaskan, simulasi sendiri diadakan dengan tujuan melatih para peserta untuk terbiasa mengerjakan tes CAT. Hal ini dimaksudkan agar nanti saat tes yang sesungguhnya para peserta hanya terfokus pada pengerjaan soal dan bukan lagi pada aplikasi dan mekanisme pengerjaan soal.

"Sebenarnya yang daftar jauh lebih banyak. Sampai-sampai server down beberapa jam setelah kita buka pendaftaran. Tujuan kita memang membiasakan para calon peserta dengan aplikasi tes CAT karena mekanismenya semua sama dengan tes yang sesungguhnya, " terangnya

3. Simulasi akan diadakan lagi jika memungkinkan

Kantor Regional I BKN Adakan Simulasi Tes CPNSSimulasi Tes CAT yang diadakan Kantor Regional I BKN pada Kamis (5/12). IDN Times/Siti Umaiyah

Melihat dari antusiasme calon peserta seleksi CPNS, Stephanus menjelaskan jika dimungkinkan simulasi serupa akan diadakan lagi. Dia menjelaskan, bagi calon peserta seleksi CPNS bisa memantau website atau sosial media BKN karena sewaktu-waktu pengumuman simulasi akan diumumkan lagi.

"Kita umumkan lewat website. Atau barangkali ada calon peserta seleksi CPNS yang ingin mencoba soal CAT secara online bisa melalui website cat.bkn.go.id, " terangnya.

Stephanus berharap, dengan diadakan simulasi ini para peserta bisa memanfaatkannya dengan baik, sehingga pada saat tes CAT yang sesungguhnya tidak merasa kesulitan lagi berkaitan dengan mekanisme pengerjaan.

Baca Juga: Seleksi CPNS 2019, Pemkab Bantul Sediakan Kuota 601 Orang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya