DKC Pramuka Sleman Kembali Adakan Pengembaraan Akhir Tahun 

Kegiatan akan dilakukan pada 28 Desember 2019-1 Januari 2020

Sleman, IDN Times - Untuk kesekian kalinya, Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Sleman kembali menyelenggarakan Pengembaraan Akhir Tahun (Barata) ke-34. Nantinya kegiatan ini akan dibuka di Lapangan Pemda Sleman dan dilaksanakan pada 28 Desember 2019 sampai dengan 1 Januari 2020.

Baca Juga: Sambut Nataru, Dinpar Sleman Sediakan 3 Panggung di Lokasi Berbeda 

1. Sebanyak 33 pangkalan SMA/SMK se-Sleman ikut serta dalam kegiatan ini

DKC Pramuka Sleman Kembali Adakan Pengembaraan Akhir Tahun Ilustrasi. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Ketua DKC Pramuka Sleman, Dias Oktri Raka Setiadi menjelaskan setidaknya kegiatan ini aman diikuti sebanyak 616 Peserta dari 33 pangkalan SMA/SMK sederajat yang terbagi atas 38 sangga (kelompok) putra dan 41 sangga putri, total 79 sangga. Menurutnya, nantinya para peserta akan diajak untuk melakukan penjelajahan Pasar Tradisional. 

"Setelah mengikuti penjelajah puluhan kilometer selama tiga hari berturut-turut, para peserta akan diajak menikmati kemeriahan malam puncak kegiatan yang juga disebut Malam Wirapati. Malam Wirapati tersebut berbarengan dengan malam pergantian tahun baru," terangnya pada Senin (23/12).

2. Anggota Pramuka lintas generasi juga akan turut serta

DKC Pramuka Sleman Kembali Adakan Pengembaraan Akhir Tahun Ketua Dewan Kerja Cabang Pramuka Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Dias, pada malam Wirapati, anggota Pramuka lintas generasi juga turut serta. Selain itu, nantinya panitia bersama masyarakat sekitar juga akan membagikan ndog gludukan, yang merupakan makanan khas Brarata Sleman.

"Akan dihadiri Pramuka dari lintas generasi, salah satunya dari generasi 90-an ke atas. Maka panitia ingin pula memberikan kesempatan bagi mereka bernostalgia, " ungkapnya.

3. Barata jadi metode kuatkan fisik

DKC Pramuka Sleman Kembali Adakan Pengembaraan Akhir Tahun Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka Sleman. IDN Times/Siti Umaiyah

Dulunya Barata menjadi metode bagi para anggota Pramuka untuk menguatkan fisik. Ketua Sangga Kerja atau Panitia Pelaksana Barata Ke-34/2019, Muhammad Ridwan Fadholi mengatakan, Barata adalah kegiatan pengembaraan bagi Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun), atau tingkat SMA/K sederajat di Kabupaten Sleman.

"Kami ingin mengenalkan kembali generasi muda kepada pasar tradisional, biasanya anak muda itu gengsi ke pasar tradisional, sukanya ke mal," ungkapnya.

Baca Juga: Jelang Natal, Gegana Polda DIY Lakukan Sterilisasi Gereja di Sleman

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya