Comscore Tracker

Besok Hasil SNMPTN Diumumkan, UNY Akan Terima 1.552 Mahasiswa Baru

Mahasiswa yang diterima daftar ulang secara daring

Sleman, IDN Times - Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) akan diumumkan pada Rabu (8/4) pukul 13.00 WIB.

Berkaitan dengan hal tersebut, Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa menjelaskan jika pada tahun ini UNY sendiri telah mempersiapkan sebanyak 1.552 kursi bagi mahasiswa baru jalur SNMPTN.

Baca Juga: Repotnya Orangtua Work from Home Saat Bimbing Anak Belajar di Rumah

1. Jika diterima mahasiswa diwajibkan daftar ulang secara daring

Besok Hasil SNMPTN Diumumkan, UNY Akan Terima 1.552 Mahasiswa BaruRektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sutrisna Wibawa. IDN Times/Daruwaskita

Sutrisna menjelaskan, setelah hasil SNMPTN diumumkan, calon mahasiswa yang dinyatakan diterima diwajibkan untuk melakukan daftar ulang secara daring. Selanjutnya, mahasiswa yang bersangkutan bisa membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) dalam kurun waktu 20 April hingga 5 Mei 2020.

"Pertama mengisi kondisi sosial ekonomi dulu, untuk menentukan UKT. Pengisian kondisi ekonomi yang nantinya akan keluar nilai UKT, dilanjutkan melakukan pembayaran UKT," ungkapnya pada Selasa (7/4).

2. Besaran UKT sama dengan tahun sebelumnya

Besok Hasil SNMPTN Diumumkan, UNY Akan Terima 1.552 Mahasiswa Barugaleri.uny.ac.id

Sutrisna menjelaskan, untuk besaran UKT di UNY sendiri dipastikan sama dengan tahun sebelumnya. Untuk menentukan besaran bagi masing-masing mahasiswa sendiri didasarkan pada keadaan ekonomi keluarga.

"Tidak adanya kenaikan besaran UKT. Masih sama nanti sesuai kondisi ekonomi orangtuanya," terangnya

Menurut Sutrisna, tahap selanjutnya yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa baru yakni melakukan registrasi. Proses registrasi sendiri dibatasi paling lambat 31 Mei 2020. Jika dalam kurun waktu tersebut mahasiswa tidak melakukan registrasi, maka akan dianggap mengundurkan diri dan haknya untuk masuk telah hilang.

3. UPN siap terima 173 mahasiswa baru jalur SNMPTN

Besok Hasil SNMPTN Diumumkan, UNY Akan Terima 1.552 Mahasiswa Baruupnyk.ac.id

Sementara itu, di Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta sendiri juga telah bersiap menerima mahasiswa baru jalur SNMPTN. Kasubag Kerjasama dan Humas UPN Veteran Yogyakarta, Markus Kusnardijanto menjelaskan, tahun ini UPN telah menyiapkan sebanyak 173 kursi bagi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN.

Markus menerangkan, seperti tahun sebelumnya, jika sampai batas akhir calon mahasiswa tidak melakukan registrasi, maka kuota yang ada akan dialihkan ke jalur SBMPTN.

"Biasanya kalau tidak ada perubahan ketentuan panitia, nanti 10 persen bisa ditambahkan di SBMPTN," ujarnya.

Baca Juga: 493.735 Orang Mendaftar ke Perguruan Tinggi lewat SNMPTN

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya