Comscore Tracker

[BREAKING] Raja Malaysia Tunjuk Muhyiddin Yassin Gantikan Mahathir 

Muhyiddin menggantikan Mahathir Mohammad

Jakarta, IDN Times - Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agung Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, akhirnya menunjuk Presiden Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), Muhyiddin Yassin, sebagai perdana menteri baru. Penunjukkan Muhyiddin itu diputuskan pada Sabtu (29/2) setelah Raja Abdullah memanggil seluruh anggota dewan rakyat untuk mencari calon PM yang meraih dukungan mayoritas. 

Muhyiddin rencananya diambil sumpahnya sebagai PM baru Malaysia di Istana Negara, pada Minggu (1/3). Penunjukan Muhyiddin sebagai PM baru dilakukan setelah sebelumnya Mahathir Mohammad secara mendadak memilih mengundurkan diri.

"Raja memutuskan memilih Muhyiddin sebagai perdana menteri sesuai dengan pasal 40(2)(a) dan 43(2)(a) Undang-Undang Federal," ujar Kepala Staf Kerajaan Malaysia, Ahmad Fadil Shamsuddin, seperti dikutip dari stasiun berita Channel News Asia hari ini. 

Menurut Raja Abdullah pemilihan perdana menteri tidak lagi bisa ditunda demi kepentingan rakyat Malaysia. 

"Beliau (Raja) meyakini ini adalah keputusan yang terbaik bagi seluruh pihak dan berharap keputusannya mengakhiri krisis politik saat ini," ungkap Shamsuddin lagi. 

Sebelumnya, Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad mengajukan pengunduran dirinya pada Senin (24/2).

Baca Juga: [BREAKING] PM Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya