Comscore Tracker

Dongkrak Penerimaan Pajak, Pemerintah Berencana Naikkan Tarif PPN 

Rencana ini segera diajukan ke DPR 

Jakarta, IDN Times - Pemerintah membahas rencana menaikkan tarif pajak pertambahan nilai atau PPN. Dalam konferensi pers virtual, Rabu (5/5/2021) Menteri Koordinator (Menko) Pereknomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah masih membahas rencana itu secara internal.

"Terkait dengan (kenaikan) tarif PPN, pemerintah masih melakukan pembahasan dan ini juga dikaitkan dengan pembahasan undang-undang yang akan diajukan ke DPR yaitu RUU KUP (Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan) dan seluruhnya akan dibahas oleh pemerintah dan pada waktunya akan disampaikan ke publik," jelas Airlangga.

Baca Juga: Pulsa dan Token Listrik Kena PPN Bisa Membebani Konsumen

Baca Juga: Beli Rumah Sekarang Bebas Pajak, Manfaatkan Insentif PPN Properti

1. Kenaikan penerimaan pajak dalam postur APBN 2022

Dongkrak Penerimaan Pajak, Pemerintah Berencana Naikkan Tarif PPN IDN Times/Arief Rahmat

Upaya pemerintah untuk menaikkan tarif PPN tersebut sejalan dengan adanya kenaikan penerimaan pajak di dalam postur Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2022.

Pemerintah merancang penerimaan pajak dalam APBN 2022 antara Rp1.499,3 triliun hingga Rp1.528,7 triliun. Angka itu lebih tinggi 8,37 persen hingga 8,42 persen year on year bila dibandingkan dengan proyeksi penerimaan pajak dalam postur APBN 2021 sebesar Rp1.444,5 triliun.

2. Besaran kenaikan tarif PPN belum diketahui

Dongkrak Penerimaan Pajak, Pemerintah Berencana Naikkan Tarif PPN Ilustrasi penerimaan pajak. IDN Times/Arief Rahmat

Kendati demikian, informasi terkait kenaikan tarif PPN ini masih minim. Hal itu termasuk informasi terkait berapa besaran kenaikan tarif PPN itu sendiri.

Sampai saat ini, PPN yang dikenakan kepada konsumen adalah sebesar 10 persen. Besaran tarif PPN saat ini mengacu pada UU Nomor 42 Tahun 2009 tentang Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah.

3. Rencana kenaikan tarif PPN diungkapkan oleh Menkeu Sri Mulyani

Dongkrak Penerimaan Pajak, Pemerintah Berencana Naikkan Tarif PPN Facebook / Sri Mulyani Indrawati

Rencana kenaikan tarif PPN itu sendiri pertama kali disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2021.

Kenaikan tarif PPN itu merupakan bagian dari reformasi sektor fiskal dalam rencana pembangunan pemerintah pada 2022 mendatang.

"Dari sisi perpajakan atau pendapatan negara yaitu bagaimana menggali potensi dan peningkatan tax ratio, perluasan basis pajak terlebih dengan adanya teknologi digital dan e-commerce. Kita juga akan melaksanakan cukai plastik dan tarif PPN yang akan dibahas dalam undang undang ke depan," jelas Sri Mulyani, Selasa (4/5/2021).

Baca Juga: Kemenkeu Bakal Periksa Ulang Wajib Pajak Kasus Korupsi Angin Prayitno

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya