Comscore Tracker

Tutup Usia, Profil Singkat Wimar Witoelar Mantan Jubir Gus Dur

Wimar juga dikenal sebagai penulis dan kolumnis

Jakarta, IDN Times - Salah satu penulis kenamaan Indonesia, Wimar Witoelar Kartaadipoetra, meninggal dunia pada Rabu (19/5/2021) pukul 09.00 WIB di RS Pondok Indah, Jakarta. Wimar mengembuskan napas terakhir pada usia 75 tahun.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi oleh Direktur InterMatrix Communication (IMX), Erna Indriana. Sebelumnya, ia sempat dikabarkan kritis karena sepsis dan kegagalan multiorgan.

"Terima kasih doanya untuk semua teman-teman dan sahabat WW di mana pun berada. Mohon dimaafkan segala kesalahan WW. WW sudah pergi menghadap Tuhan YME dengan tenang pukul 09.00 pagi ini, Rabu 19 Mei 2021," tulisnya dalam pesan singkat.

Jenazah Wimar akan dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) Tanah Kusir.

Berikut ini profil singkat Wimar Witoelar serta sepak terjangnya semasa hidup.

Baca Juga: [BREAKING] Mantan Jubir Presiden Wimar Witoelar Meninggal Dunia

1. Wimar menjabat sebagai juru bicara Presiden Gus Dur selama dua tahun

Tutup Usia, Profil Singkat Wimar Witoelar Mantan Jubir Gus Dur(Instagram/wimarwitoelar)

Karier Wimar di pemerintahan adalah ketika menjabat sebagai juru bicara Presiden ke-5 Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. Jabatan itu diemban Wimar sejak 26 Oktober 1999 hingga 9 Agustus 2001.

Pria kelahiran Padalarang, Jawa Barat, 75 tahun silam tersebut menjabat juru bicara Presiden Gus Dur bersama dengan Adhie Massardi, Yahya C Staquf, dan Wahyu Muryadi.

2. Wimar terlahir dari keluarga bangsawan

Tutup Usia, Profil Singkat Wimar Witoelar Mantan Jubir Gus Dur(Instagram/wimarwitoelar)

Wimar lahir dari keluarga bangsawan pada 14 Juli 1945. Dia merupakan bungsu dari lima bersaudara dari orang tua berdarah biru.

Ayah Wimar adalah Raden Achmad Witoelar Kartaadipoetra, sementara sang ibu adalah Nyi Raden Toti Soetiamah Tanokoesomah.

3. Wimar akrab dengan dunia pemerintahan

Tutup Usia, Profil Singkat Wimar Witoelar Mantan Jubir Gus Dur(Instagram/wimarwitoelar)

Selain sebagai juru bicara presiden, Wimar cukup akrab dengan pemerintahan Indonesia lantaran memiliki kakak kandung dan kakak ipar yang pernah menjabat sebagai menteri.

Kakak Wimar, yakni Rachmat Witoelar pernah menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup pada Kabinet Indonesia Bersatu pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sedangkan sang kakak ipar, atau istri Rachmat Witoelar, yakni Erni Witoelar pernah menjadi Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah pada Kabinet Persatuan Nasional era Presiden Gus Dur.

4. Wimar aktif sebagai penulis dan kolumnis

Tutup Usia, Profil Singkat Wimar Witoelar Mantan Jubir Gus Dur(Instagram/wimarwitoelar)

Wimar dikenal sebagai seorang penulis sekaligus kolumnis handal nan-cerdas.

Beberapa judul buku pernah ditulis Wimar. Di antaranya adalah No Regrets (2002), A Book about Nothing (2006), More about Nothing (2009), dan Sweet Nothings (2014).

Wimar juga pernah menjadi kolumnis di media massa, baik lokal maupun internasional seperti di Today, Business Week, News Week, dan Australian Financial Review.

Wimar pun sempat menjadi komentator di beberapa stasiun televisi internasional seperti ABC, CNBC, dan CNN.

Baca Juga: Menguak Skenario dan Tokoh di Balik Pelengseran Gus Dur

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya