Ketua PP Muhammadiyah Yunahar Ilyas Tutup Usia

Meninggal dunia di usia 63 tahun

Yogyakarta, IDN Times - Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Yunahar Ilyas, meninggal dunia pada Kamis (2/1) malam pukul 23.47 di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta. Ia wafat pada usia 63 tahun.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dr Agus Taufiqurrahman mengatakan almarhum Yunahar dirawat di RSUP dr Sardjito untuk persiapan cangkok ginjal. 

"Namun karena kondisi prof Yun menurun kemudian dirawat di ICU," ujar Agus yang turut mendampingi almarhum, Jumat (3/1). 

Menurut Agus, pelepasan jenazah Yunahar akan dilakukan di Masjid Gede Kauman Yogyakarta pada Jumat pukul 13.00 WIB. Rencananya jenazah akan dibawa dari Kantor PP Muhammadiyah di Cik Ditiro ke Masjid Gede Kauman pada pukul 10.30 WIB.

"Setelah pelepasan, jenazah akan di makamkan di Pemakaman Muslim Karangkajen," terangnya di kantor PP Muhammadiyah Cik Ditiro, Jumat.

Prof DR H Yunahar Ilyas, LC, M Ag, bergabung dengan Muhammadiyah sejak tahun 1986. Dirinya memperoleh dua gelar S1 setelah menamatkan kuliah di Fakultas Usluhuddin Universitas Ibnu Riyadh pada tahun 1983 dan Fakultas Tarbuyah IAIN Imam Bonjol pada 1984. Kemudian ia merampungkan studi S2 dan S3 di IAIN Sunan Kalijaga pada 1996 dan 2004.

Selain menjadi Ketua PP Muhammadiyah dan wakil ketua MUI Pusat, pria kelahiran Bukittinggi, 22 September 1956 ini, sehari-hari aktif mengajar sebagai Guru Besar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Baca Juga: Haedar: Muhammadiyah Kehilangan Figur Ulama yang Santun 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya