Comscore Tracker

Pertamina Perkenalkan Inovasi Perangkat Lunak PertafloSIM ke Mahasiswa

Perangkat ini berguna untuk aktivitas eksplorasi produksi

Sleman, IDN Times - PT Pertamina (Persero) memperkenalkan hasil inovasi teknologi berupa perangkat lunak PertafloSIM dalam "PertafloSIM Goes to Campus" di Kantor Pusat Fakultas Teknik UGM pada Rabu (19/6).

Acara ini dihadiri oleh Dekan Fakultas Teknik UGM dan akademisi dari 19 universitas di Indonesia di antaranya Universitas Syiah Kuala, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Udayana, dan Universitas  Sam Ratulangi.

1. Kajian selama 20 tahun

Pertamina Perkenalkan Inovasi Perangkat Lunak PertafloSIM ke MahasiswaANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

SVP Research and Technology Center Pertamina Dadi Sugiana mengatakan PertafloSIM merupakan perangkat lunak yang telah dirancang dan dikaji selama 20 tahun.

"Bulan April lalu, PertafloSIM resmi diluncurkan dan telah diterapkan di sektor hulu Pertamina," jelasnya.

Selama ini, kata Dadi, perangkat lunak yang dipakai oleh Pertamina merupakan software buatan luar negeri.

"Sedangkan PertafloSIM adalah karya anak bangsa. Perangkat lunak ini dibuat oleh teknisi perminyakan Pertamina dan Research Consortioum OPPINET ITB," jelasnya.

Baca Juga: Pertamina Minta Pengusaha Kuliner Tidak Gunakan LPG Melon 

2. Ada tujuh modul dalam PertafloSIM

Pertamina Perkenalkan Inovasi Perangkat Lunak PertafloSIM ke MahasiswaEnergia Pertamina

Peneliti Upstream Research and Technology Pertamina Martinus Barua menerangkan kemudahan menjadi alasan mengapa perangkat lunak ini dibuat.

"Latar belakangnya kerumitan yg ada saat operasi perminyakan bisa diselesaikan. Menghitung jadi cepat. Juga sebagai alat kerja buat Pertamina. Selama ini beli harganya mahal padahal wilayah kerja Pertamina luas sekali," katanya.

Ia menjelaskan setidaknya ada tujuh modul yang bisa digunakan dalam PertafloSIM di antaranya IPR & Well Model, Multiphase Compositional, Multiphase Black Oil, Distribution Network, dan Gas Transmission.

Modul ini bisa digunakan salah satunya untuk menghitung aliran migas dalam pipa sejak dari dasar sumur hingga ke permukaan dan titik jual (sales point).

Sementara itu, Dadi mengatakan bahwa perangkat lunak ini bisa membantu di beberapa hal.

"Software ini sangat powerful. Berguna dalam hal mendesain perancang bangun, mencari problem solving, dan mensimulasi proses produksi di peralatan terutama fasilitas eksplorasi dan produksi, penyaluran, dan kilang," jelasnya.

3. Berguna buat investasi dan pendidikan

Pertamina Perkenalkan Inovasi Perangkat Lunak PertafloSIM ke MahasiswaANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

Dadi menjelaskan bahwa hampir 60 hingga 70 persen instalasi peralatan produksi di dunia perminyakan itu berupa pipa. Untuk penyaluran produksi ke perkapalan dan konsumen pun kebanyakan instalasi yang dipakai adalah pipa.

"Artinya nilai investasi buat pipa itu besar. Ini akan terbantu perhitungannya kalau kita menggunakan simulasi yg sudah tervalidasi. Dan ini software PertafloSIM itu keunggulannya di sana," ucapnya.

Di dunia pendidikan, ia menilai perangkat lunak ini memudahkan proses penelitian dan pengembangan kajian.

"Software ini bisa dimanfaatkan oleh unuversitas ketika mendidik putra-putrinya sehingga proses belajarnya bisa cepat. Setelah mengetahui theoretically dan menghitung secara manual serta dihadapkan pada rancangan yang makin kompleks bisa lebih disederhanakan penyelesaiannya lewat software ini," ucapnya.

Baca Juga: Omzet SPBU Pertamina di Tol Pantura Melonjak Hingga Lima Kali Lipat

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya