Brompton vs Get2Get, Polemik Tiga Lipatan Sepeda

Desain tiga lipatan tidak harus mirip dengan Brompton

Jakarta, IDN Times - Produsen sepeda asal Inggris, Brompton, akhirnya memenangkan gugatan terhadap perusahaan Korea Selatan, Get2Get, dalam kasus dugaan pelanggaran hak cipta. 

Brompton menggugat Get2Get pada Desember 2018 ke Pengadilan Perdagangan Belgia. Mereka menduga ada kemiripan desain antara sepeda lipat produksi Brompton dengan sepeda-sepeda lipat bikinan Get2Get, khususnya pada varian Chedech.

Hampir dua tahun kemudian, persisnya pada 11 Juni 2020, Mahkamah Hukum Uni Eropa akhirnya memenangkan gugatan Brompton. 

1. Polemik tiga lipatan, mirip gak ya?

Brompton vs Get2Get, Polemik Tiga Lipatan Sepedalexology.com

Mahkamah Hukum Uni Eropa menyatakan desain sepeda Get2Get tidak orisinal karena meniru desain Brompton. Get2Get dalam pembelaannya menyatakan mereka tidak dalam upaya apapun untuk meniru desain sepeda Brompton.

Kemiripan antara Chedech dengan sepeda Brompton, menurut Get2Get terjadi karena keterbatasan sekaligus tuntutan untuk membuat bentuk sepeda yang dapat dilipat tiga dengan metode yang paling fungsional. 

Selain itu Get2Get juga mengatakan desain yang dirancang dengan tujuan mencapai fungsionalitas tertentu tidak termasuk dalam pelanggaran hak cipta seperti yang dituduhkan Brompton. 

2. Desain sepeda lipat tiga tidak harus persis seperti Brompton

Brompton vs Get2Get, Polemik Tiga Lipatan SepedaChedech Get2Get

Brompton mengatakan desain sepeda dengan tiga lipatan tidak selalu harus meniru sepeda-sepeda Brompton. Sebab banyak sepeda dengan tiga lipatan yang desainnya tidak mirip Brompton.

Oya, Brompton sendiri mulai mendeteksi adanya kemiripan antara sepeda mereka dengan sepeda bikinan Get2Get saat Get2Get mulai menjual sepeda lipat tiga mereka ke Belgia. Merasa ada pelanggaran hak cipta, Brompton kemudian menggugat Get2Get. 

3. Brompton berdiri sejak 1975

Brompton vs Get2Get, Polemik Tiga Lipatan SepedaIstimewa / Dok. Brompton

Brompton memang telah lama dikenal sebagai pioner sepeda lipat. Pendiri Brompton, Andrew Ritchie, mulai merancang desain sepeda lipat sejak 1975. Saat itu Andrew memulainya dari apartemennya di Brompton Oratory, London. Kini sepeda lipat Brompton telah diproduksi di pabrik mereka di Greenford, London, Inggris.  

Desain sepeda lipat Brompton memiliki ciri khas berupa lengkungan frame atau rangka yang sama. Itu sebabnya mudah sekali mengenali sepeda Brompton. Selain itu sepeda-sepeda Brompton juga bisa dikenali dengan lipatannya yang sangat ringkes sehingga mudah dibawa kemana-mana. 

https://www.youtube.com/embed/Y3-N2GrtPM0

Baca Juga: Brompton Menangi Kasus Hak Cipta Melawan Get2Get

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya