Para Petinggi Gerindra dari Dapil Jateng Gagal Maju ke Senayan

Popularitas tidak menjamin mendapat banyak suara

Jakarta, IDN Times - Partai Gerindra gagal mengirimkan nama-nama besar calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah, untuk duduk di kursi DPR RI. Hal ini diketahui usai rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Sepuluh dapil di Jawa Tengah merupakan medan pertempuran yang cukup sengit pada Pemilihan Legislatif 2019 ini. Di Daerah Pemilihan Solo Raya, tidak ada satupun caleg Partai Gerindra yang mendapatkan suara. 

Bahkan dua wakil ketua umum Partai Gerindra dipastikan gagal melaju ke Senayan. Nama besar ternyata tidak menjamin kemenangan caleg tersebut. Siapa saja nama-nama besar yang gagal melenggang ke kursi parlemen? 

1. Sudirman Said

Para Petinggi Gerindra dari Dapil Jateng Gagal Maju ke SenayanIDN Times/Irfan fathurohman

Mantan Menteri ESDM Sudirman Said dinyatakan gagal melaju ke Senayan. Sudirman diketahui berkompetisi di Daerah Pilihan (Dapil) Jateng IX yang meliputi Kabupaten Brebes, Kota Tegal, dan Kabupaten Tegal. Sudirman hanya mendapatkan 81.787 suara. Direktur debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga ini, ternyata tidak dapat menggunakan nama besarnya untuk mendapatkan kursi di DPR.

Baca Juga: Pleno KPU Jateng, Sudirman Said dan Anak Amien Rais Gagal ke Senayan

2. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sugiono

Para Petinggi Gerindra dari Dapil Jateng Gagal Maju ke SenayanANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Wakil Ketua Umum Gerindra Sugiono yang juga orang dekat Prabowo Subianto, memperoleh suara sebanyak 31.259. Ternyata hasil tersebut belum cukup untuk mengantarkannya menjadi anggota DPR karena ada sesama caleg Gerindra di Jateng I, Sigit Ibnugroho Sarasprono yang meraih suara lebih tinggi.

3. Wakil Ketua DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono

Para Petinggi Gerindra dari Dapil Jateng Gagal Maju ke SenayanIDN Times/Irfan fathurohman

Wakil ketua DPP Partai Gerindra Ferry Juliantono berasal dari Dapil IV meliput Sragen, Karanganyar, dan Wonogiri. Berasal dari "dapil neraka”, Ferry dipastikan gagal melenggang ke Senayan. Ferry dipercaya menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra. Padahal pada saat penunjukan, Ferry masih menjabat sebagai ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Merasa Dicurangi, Caleg Gerindra Bantul Mengaku Kehilangan 500 Suara

4. Bambang Riyanto mantan Bupati Sukoharjo

Para Petinggi Gerindra dari Dapil Jateng Gagal Maju ke SenayanIDN Times/Teatrika Putri

Politikus Partai Gerindra Bambang Riyanto dipastikan gagal duduk kembali di kursi DPR RI. Kekalahan Politikus yang dijuluki bapak honorer K2 ini menimbulkan kekecewaan sejumlah pihak. Sebagai petahana, Bambang ternyata tidak mampu mempertahankan kursinya di DPR.

Walaupun Bambang gagal memperoleh kursi, ternyata anak bungsunya Yudha Sindhu Riyanto dipastikan maju merebut kursi di DPRD Kota Surakarta

Baca Juga: Merasa Kehilangan Kursi di Pileg, Gerindra Jatim Ambil Langkah Ini

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya