Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari Aktris

Dapat ribuan likes dan retweets lho!

Jakarta, IDN Times - Pidato dalam rangka hari guru yang ditulis oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim ternyata viral. Pidato itu diduga hendak dibacakan pada Senin (25/11). Namun, entah bagaimana caranya, naskah setebal dua lembar itu malah beredar di media sosial. Di luar dugaan, naskah pidato itu mendapat sambutan positif dari warganet. 

Akhirnya teks pidato itu diunggah oleh Kementerian Pendidikan di akun media sosialnya pada Sabtu (23/11). Memang apa sih isi pidato yang ditulis oleh mantan CEO GoJek itu sampai menuai pujian dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo hingga aktris Dian Sastrowardoyo?

1. Nadiem mengajak guru melakukan perubahan bersama

Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari AktrisMendikbud Nadiem Makarim hadiri Milad Muhammadiyah Ke 107 di Gedung Sportorium UMY, Senin malam(18/11). IDN Times/Humas dan Protokol UMY

Dalam naskah pidatonya, Nadiem tidak menuliskan hal-hal yang retorik atau basa-basi. Melainkan, ia langsung menulis bagaimana bisa mengerti posisi dan kendala yang dihadapi oleh para guru di Indonesia. 

Dalam rangka ingin melakukan sejumlah perubahan di dunia pendidikan di Indonesia, Nadiem kemudian mengajak para guru di seluruh Indonesia untuk sama-sama melakukan perubahan. Hari Guru dinilai menjadi momentum yang tepat untuk membuat perubahan tersebut. 

"Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama," tulis Nadiem dalam pidatonya.

"Besok di manapun Anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas Anda," kata Nadiem melanjutkan pidatonya. 

Baca Juga: 7 Quotes Nadiem Makarim yang Bisa Jadi Inspirasimu Menjalani Hidup

2. Ganjar Pranowo mengatakan pidato Nadiem apabila dibacakan maka upacara Hari Guru tak akan berlangsung lama

Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari AktrisDok. Humas Pemprov Jateng

Pidato Hari Guru yang dibuat oleh Nadiem dan diunggah di laman resmi Kemendikbud dinilai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai salah satu pidato yang menggugah. Tak ketinggalan ia turut memberikan komentar terhadap pidato satu-satunya menteri millennials pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo itu.

"Pidato Pak Mendikbud ini 2 lembar... isinya langsung pada persoalan. Kalau dibacakan dalam upacara pasti cepat selesai. Simak baik2 isinya! Apa komentarmu?" Tulis Ganjar di akun Twitternya @ganjarpranowo lengkap beserta teks pidato Nadiem.

Unggahan ini berdasarkan pantauan IDN Times hingga pukul 19.24 WIB telah mendapatkan 4.994 retweets dan 10.000 likes.

3. Aktivis HAM Ananda Badudu turut berkomentar

Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari AktrisIDN Times/Lia Hutasoit

Pidato Nadiem juga diunggah oleh salah seorang pengajar dengan nama akun Twitter @bukik. Akun itu bahkan menambahkan tanda pagar #MerdekaBelajar #GuruPenggerak.

Unggahan Bukit lantas mendapat respon dari aktivis HAM Ananda Badudu. "Ibarat kata film bioskop, ini teaser yg menarik," tulis Ananda memberikan komentar singkatnya.

4. Pidato Hari Guru yang ditulis Nadiem menuai komentar positif dari warganet

Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari AktrisAktris Dian Sastrowardoyo turut memberi komentar soal pidato hari guru karya Mendikbud Nadiem (Twitter.com/therealDiSastr)

Pidato Nadiem dihujani banyak pujian dan respons positif oleh warganet. Beberapa di antaranya tak hanya memuji pidato karya Mendikbud yang dinilai bagus, namun juga berharap agar Nadiem dapat membawa perubahan bagi guru dan pendidikan di Indonesia

Aktris kenamaan Indonesia Dian Sastrowardoyo turut berkomentar. "Suka banget dan appreciated banget pidato yang dibuat. Sangat jelas visi dan pemahaman Nadiem terhadap kondisi guru di Indonesia," tulis Dian dalam akun twitternya @therealDiSastr.

Pada akun Instagram Kemendikbud (@kemdikbud.ri) unggahan foto yang berisikan pidato Nadiem telah mendapat lebih dari 1.193 komentar dan lebih dari 50.000 likes setelah diunggah selama 12 jam.

5. Ini isi lengkap pidato Mendikbud Nadiem Makarim

Pidato Hari Guru yang Ditulis Nadiem Viral, Sampai Dikomentari AktrisMendikbud, Nadiem Makarim gelar rapat evaluasi bersama kepala SD/SMP di SDN Pekuncen, Kota Pasuruan, Kamis (7/11).. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Bagi kalian yang ingin tahu isi lengkapi pidato yang telah ditulis Nadiem dan menuai komentar positif, berikut isinya. Nadiem tetap menggunakan salam lintas agama dalam pidatonya tersebut. 

PIDATO MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PADA UPACARA BENDERA PERINGATAN HARI GURU NASIONAL TAHUN 2019

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Shalom,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Rahayu,
Selamat pagi dan salam kebajikan bagi kita semua,

Bapak dan Ibu Guru yang saya hormati,

Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke,

Guru Indonesia yang Tercinta, tugas Anda adalah yang termulia sekaligus yang tersulit.

Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.

Anda ingin membantu murid yang mengalami ketertinggalan di kelas, tetapi waktu anda habis untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.

Anda ingin mengajak murid keluar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya, tetapi kurikulum yang begitu padat menutup pintu petualangan.

Anda frustasi karena anda tahu bahwa di dunia nyata kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak, bukan kemampuan menghafal.

Anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda, tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi.

Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi.

Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia.

Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambillah langkah pertama.

Besok, di mana pun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.

- Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
- Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas
- Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
- Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri.
- Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak.

Selamat Hari Guru,
#merdekabelajar #gurupenggerak

Wassalammualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Shalom,
Om Santi Santi Santi Om,
Namo Buddhaya,
Rahayu.

Jakarta, 25 November 2019
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Nadiem Anwar Makarim

 Gimana menurut pendapat kalian guys mengenai pidato Nadiem untuk hari Guru nanti?

Baca Juga: Hasil Survei: Nadiem Makarim Populer, Tapi Tak Dipercaya Publik

Topik:

Berita Terkini Lainnya